BolaSkor.com - Pelatih kiper Bali United, Andy Petterson bukan nama sembarangan. Pria asal Australia ini lama menghabiskan karier bersama klub-klub Inggris. Andy Petterson mencatatkan debut di kasta tertinggi menghadapi Nottingham Forest yang diperkuat Roy Keane.

Andy Petterson mengawali petualangan di Indonesia dengan gabung PSIS Semarang pada 2018 lalu. Sebelum gabung klub Indonesia, dia sempat menjadi pelatih kiper di tim Australia dan Filipina.

Gabung Bali United membuat kinerjanya semakin maksimal. Dia bisa semakin memoles Wawan Hendrawan menjadi kiper tangguh. Bali United sukses menjadi juara Liga 1 2019 dengan status sebagai tim paling sedikit kebobolan. Wawan pun akhirnya mendapat panggilan pertama Timnas Indonesia setelah belasan tahun menjalani karier profesional.

Baca Juga:

Gavin Kwan Adsit Bisa Makan Lima Kali Sehari, Ini Penjelasannya

Sejumlah Legiun Asing Tinggalkan Liga 1 2020, Bek Bali United Gavin Kwan Bicara soal Persaingan

Jauh sebelum mendarat di Indonesia sebagai pelatih kiper, Andy Petterson aktif sebagai kiper di Inggris. Andy menjalani debut di Liga Premier 1992/1993. Dia gabung tim Ipswich Town, dengan status pinjaman dari Luton Town.

Saat itu Andy berusia 23 tahun. Dia bukanlah kiper utama. Kala itu, Ipswich Town lebih sering memainkan kiper senior Inggris, Clive Barker. Andy baru mencatatkan debut pada partai pamungkas, saat bersua Nottingham Forest.

Andy tampil 90 menit. Menurut catatan Transfermarkt, ada 22 ribu penonton yang memadati Portmand Road, 8 Mei 1993 lalu. Laga itu tak lagi berpengaruh untuk dua tim lantaran Nottingham Forest sudah dipastikan terdegradasi dengan status juru kunci. Sementara Ipswich Town bertengger di posisi ke-16.

Andy Petterson
Pelatih kiper Bali United, Andy Petterson. (Bali United)



Namun menariknya, di tim lawan ada sosok Roy Keane. Inilah partai pamungkas Roy Keane bersama Nottingham Forest. Roy Keane pun tampil 90 menit dengan peran sebagai gelandang bertahan.

Andy merasakan debut dengan kemenangan 2-1. Ipswich Town mencetak dua gol lewat Simon Milton dan Steve Mitton. Sementara Andy kebobolan satu gol lewat sepakan penalti pemain Timnas Inggris, Nigel Clough.

Setelah partai ini, Roy Keane memulai perjalanan baru dengan gabung Manchester United. Roy Keane membangun kekuatan lini tengah Setan Merah bersama Paul Ince dan Bryan Robson. Pada musim pertama, Roy Keane langsung mengantarkan Manchester United menjadi juara Liga Preimer.

Sementara Andy Petterson juga tak lagi bersama Ipswich Town. Dia sempat kembali ke Luton Town, sebelum kemudian gabung Charlton Athletic. Andy mencatatkan sebelas caps di Liga Premier pada musim 1998/1999 bersama Charlton Athletic. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)