BolaSkor.com - Duel Manchester United kontra Liverpool dalam lanjutan Premier League 2021-2022 menjadi momen istimewa bagi Cristiano Ronaldo. CR7 akan kembali ambil bagian dalam laga bertajuk North West Derby setelah 12 musim absen.

Ronaldo memang sudah pernah merasakan panasnya rivalitas Manchester United dan Liverpool di masa lalu. Itu karena ia sempat menjadi bagian skuat Setan Merah pada periode 2003 hingga 2009.

Dalam periode tersebut, Ronaldo sudah sembilan kali tampil di North West Derby. Delapan di antaranya terjadi di ajang Premier League.

Baca Juga:

Cadangkan Cristiano Ronaldo, Paul Scholes Pertanyakan Rencana Solskjaer

Juventus Rasakan Dampak Positif Kepergian Cristiano Ronaldo

Performa Buruk Man United Pengaruhi Hubungan Solskjaer dengan Ronaldo

Aksi Cristiano Ronaldo kontra Liverpool.

Penampilan terakhir Ronaldo di North West Derby juga terjadi pada ajang Premier League, tepatnya musim 2008-2009. Sayang, momen yang terjadi pada 14 Maret 2009 berubah jadi mimpi buruk.

Dalam pertandingan tersebut, Manchester United menjamu Liverpool di Old Trafford. Tim yang masih ditangani Sir Alex Ferguson juga lebih diunggulkan karena berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara.

Manchester United ketika itu tengah unggul sepuluh poin dari Chelsea dan Liverpool yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Dengan kompetisi menyisakan sepuluh pekan saja, kemenangan di pertandingan ini bisa mempercepat kepastian Ronaldo dan kawan-kawan mengunci gelar juara.

Manchester United mengawali laga dengan percaya diri. Dengan formasi 4-4-2, Ferguson mengandalkan duet Wayne Rooney dan Carlos Tevez sebagai ujung tombak.

Sementara Ronaldo sendiri juga bermain sebagai starter. Id berposisi sebagai winger yang ditugaskan menyisir dari sisi lapangan bersama Park Ji-Sung.

Ronaldo memainkan peran penting dalam permainan Manchester United. Pergerakan pemain berkebangsaan Portugal itu dari sisi kanan menjadi awal skema serangan timnya.

Ronaldo kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-23 lewat titik penalti. Hadiah tersebut diberikan wasit usai Pepe Reina menjegal Ji-sung di kotak terlarang.

Namun keunggulan Manchester United hanya bertahan lima menit. Fernando Torres mampu membalas gol Ronaldo memanfaatkan kesalahan Nemanja Vidic.

Liverpool bahkan berbalik unggul pada akhir babak pertama usai wasit menghadiahi penalti. Steven Gerrard yang maju sebagai eksekutor dengan dingin menaklukkan Edwin van der Sar.

Usai turun minum, Manchester United bermain agresif untuk menyamakan kedudukan. Hal itu membuat lini pertahanan mereka meninggalkan banyak lubang.

Pada menit ke-76, Vidic harus menerima kartu merah langsung karena dianggap berstatus sebagai orang terakhir saat melanggar Gerrard di depan kotak penalti. Kondisi ini tentu membuat Liverpool di atas angin.

Apalagi kubu Merseyside Merah kemudian mampu memanaatkan hadiah tendangan bebas dari pelanggaran Vidic dengan maksimal. Ekseskusi Fabio Aurelio melesat mulus ke gawang Manchester United dan membuat Van der Sar hanya terdiam.

Mimpi buruk bagi Manchester United bertambah di masa injury time saat Andra Dossena mencetak gol keempat Liverpool. Skor 1-4 pun menjadi penutup kiprah terakhir Ronaldo di North West Derby.

Untungnya, kekalahan ini tak membuat Manchester United kehilangan gelar juara di akhir musim. Ronaldo kemudian memilih hengkang ke Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer dunia.

Tak sedikit yang menyangka laga tersebut akan menjadi penampilan terakhir Ronaldo di North West Derby. Meskipun kini anggapan itu hampir pasti tak terbukti.

Ronaldo secara mengejutkan kembali ke Manchester United pada musim panas lalu. Kini ia punya kesempatan untuk menebus kenangan buruk selama lebih dari satu dekade silam.


Susunan Pemain

Manchester United (4-4-2): Van der Sar; O'Shea, Ferdinand, Vidic, Evra; Ronaldo, Carrick (Giggs 74), Anderson (Scholes 73), Park (Berbatov 74); Rooney, Tevez.

Manajer: Sir Alex Ferguson.

Liverpool (4-2-3-1): Reina; Carragher, Skrtel, Hyypia, Aurelio; Mascherano, Lucas; Kuyt, Gerrard (El Zhar 90), Riera (Dossena 67); Torres (Babel 81).

Manajer: Rafael Benitez.