Olimpiade Tokyo 2020: Sengitnya Persaingan di Cabor Sepak Bola Putra

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 27 Juli 2021
Olimpiade Tokyo 2020: Sengitnya Persaingan di Cabor Sepak Bola Putra
Olimpiade Tokyo 2020. (Twitter)

BolaSkor.com - Persaingan sengit tersaji di cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Belum ada tim yang merebut tiket ke perempat final jelang melakoni laga terakhir.

Dari dua laga yang telah dimainkan, hanya Jepang yang mampu menyapu bersih dengan kemenangan. Hasil tersebut membawa Samurai Biru melesat ke puncak klasemen grup A.

Meski begitu, Jepang masih harus menentukan nasibnya di laga terakhir. Takefusa Kubo dan kawan-kawan setidaknya harus bermain imbang demi melaju ke fase gugur.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Berakhirnya Kutukan Matador Muda dan Ambisi Ulangi 1992

Hasil dan Klasemen Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020: Jerman Jaga Asa, Spanyol ke Puncak

5 Hal Menarik Jelang Laga Dua Grup Sepak Bola Pria Olimpiade Tokyo

Jepang menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih dua laga awal dengan kemenangan.

Sementara Prancis tidak bisa sekadar menang. Mereka harus menang dengan selisih dua gol untuk menyalip Jepang dari dua besar.

Satu tiket lain di grup ini tampaknya menjadi milik Meksiko. Wakil Amerika Utara itu hanya akan berhadapan dengan Afrika Selatan yang berstatus juru kunci pada laga terakhir.

Persaingan di grup B bahkan lebih seru. Korea Selatan, Honduras, Selandia Baru, dan Rumania punyan peluang yang sama besar untuk lolos ke perempat final.

Itu setelah keempat tim sama-sama saling mengalahkan di dua laga awal. Mereka kini mengumpulkan tiga poin.

Sementara empat tiket tersisa dari grup C dan D masih diperebutkan enam tim. Brasil dan Spanyol yang berstatus unggulan dan kini memuncaki klasemen masih berpeluang terlempar dari dua besar.

Penentuan Peringkat Klasemen

Sejumlah tim berpeluang mengakhiri fase grup dengan jumlah poin yang sama. Olimpiade punya regulasi sendiri untuk menentukan posisi tim dengan kasus seperti ini.

Acuan pertama untuk menentukan posisi tim-tim dengan poin sama adalah selisih gol. Jika masih sama berlanjut ke produktivitas gol lalu baru head to head.

Regulasi ini menguntungkan Jepang, Korea Selatan, dan Brasil yang punya selisih gol lebih baik ketimbang pesaingnya di fase grup. Ketiganya pun sangat berpeluang untuk mengisi slot perempat final.

Meski begitu, serangkaian drama berpotensi mewarnai laga terakhir fase grup. Seluruh tim pasti akan tampil habis-habisan demi melaju lebih jauh di ajang ini.

Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan