BolaSkor.com - Barcelona resmi memecat sang pelatih, Ernesto Valverde, pada Selasa (14/1). Tak butuh waktu lama, El Barca langsung mengumumkan eks juru taktik Real Betis, Quique Setien sebagai pelatih anyar.

Aroma pemecatan Ernesto Valverde memang sudah tercium sejak awal musim ini. Meski Barca berada di puncak klasemen LaLiga, namun beberapa kekalahan yang dialami memunculkan sinyal kuat Valverde akan dipecat.

Baca Juga:

Indikasi Kedatangan Xavi Hernandez ke Barcelona, Gantikan Ernesto Valverde

Barcelona Kirim Tawaran untuk Mauricio Pochettino

Ernesto Valverde

Apalagi, Valverde gagal membawa Barca berprestasi pada level Eropa. Pelatih 55 tahun tersebut hanya membawa Lionel Messi dan kawan-kawan memenangi kompetisi domestik seperti LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Puncaknya, kekalahan Barca melawan Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol tahun ini menjadi dosa besar. Barca yang unggul dari materi pemain menelan kekalahan 3-2.

"Persetujuan antara Barcelona dan Ernesto Valverde untuk mengakhiri kontrak sang manajer bersama tim utama. Terima kasih untuk segalanya, Ernesto. Semoga Anda beruntung di masa depan," jelas Barcelona.

Kemudian, Barca langsung menunjuk Quique Setien sebagai pengganti Valverde. Sang pelatih meneken kontrak dua setengah musim.

"Quique Setien yang berusia 61 tahun akan menjadi pelatih baru Barcelona. Sepanjang kariernya, ia telah mendukung sepak bola menyerang yang menarik bagi para penggemar," terang Barcelona.

Sejatinya, dalam perjalanan Setien sebagai pelatih, ia belum pernah menukangi klub besar. Selain Real Betis, Setien pernah menjadi pemimpin Las Palmas, Lugo, Logrones, Poli Ejido, Equat Guinea, dan Racing Santander. Lemari gelar sang pelatih pun kosong.

"Quique Setien adalah satu di antara pelatih berpengalaman di sepak bola Spanyol. Sang pelatih dari Santander itu memulai karier manajerial di klub kota kelahirannya, Racing Santander," sambung Barca.

Selain Setien, Barcelona sempat dikaitkan dengan sejumlah pelatih seperti Xavi Hernandez dan Mauricio Pochettino.