BolaSkor.com - Pebulu tangkis Jepang, Yuta Watanabe, mengungkapkan dirinya banyak belajar dari pelatih asal Indonesia, Rionny Mainaky. Menurut Watanabe, Rionny banyak memberinya saran dan masukan.

Seperti diketahui, Rionny sempat menjadi pelatih Jepang. Akan tetapi, saat ini dia kembali ke Indonesia untuk menangani tunggal putri.

Hampir satu dekade Rionny menangani Jepang tepatnya sejak 2010 hingga 2019. Eks pebulu tangkis nasional tersebut pulang kampung pada 2019 silam.

Baca Juga:

Calon Ketum PBSI Diharapkan Bisa Pertahankan Tradisi Olimpiade

Pelatih Ganda Campuran Punya Trik Latih Ganda Campuran

Prestasi Jepang meningkat sejak masih dipegang oleh Rionny. Hasilnya, dia meninggalkan kesan mendalam kepada Watanabe yang merupakan pasangan Hiroyuki Endo itu.

"Rionny banyak memberikan saran dan masukan. Saya harus belajar tentang apa yang saya mau ketika berada di atas lapangan," kenang Watanabe.

"Pada saat yang sama, saya harus tahu apa yang tidak disukai oleh lawan. Kami juga harus bisa berpikir apa yang akan terjadi selanjutnya."

"Itu semua harus dipikirkan, jadi kami bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi di lapangan. Itu pelajaran yang saya dapat dari Rionny," imbuhnya.

Semasa ditangani oleh Rionny, berbagai prestasi diraih oleh Yuta. Termasuk di antaranya meraih medali perak Thomas Cup 2018 di Bangkok.