Pelatih Arema FC Tak Gentar di Tengah Kepungan Juru Racik Impor

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 17 Februari 2023
Pelatih Arema FC Tak Gentar di Tengah Kepungan Juru Racik Impor
I Putu Gede memimpin latihan Arema FC jelang laga kontra RANS Nusantara. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Kompetisi Liga 1 tak terasa sudah memasuki musim ke-7 sejak dimulai pada 2017 silam. Namun, kompetisi sepak bola profesional di Tanah Air itu konsisten menyajikan fenomena yang cukup miris, yaitu dominasi pelatih asing dibanding lokal.

Memasuki putaran dua Liga 1 2022/2023 saja, hanya ada 3 nama saja pelatih lokal yang berkiprah di Liga 1. I Putu Gede menjadi salah satunya, setelah dipercaya Arema FC untuk melanjutkan tugas pelatih asal Chile, Javier Roca.

I Putu Gede lantas ikut berpendapat terkait fenomena dominasi pelatih asing dibanding lokal saat ini. Padahal, ia yakin bahwa sebenarnya pelatih lokal punya kualitas dan kesempatan yang sama dibanding pelatih asing.

Baca Juga:

Keberadaan I Putu Gede Disebut Beri Semangat Baru untuk Arema FC

I Putu Gede sebagai Pelatih Kepala Arema FC Lewat Dokumen RECC

"Saya pikir, faktor keberuntungan juga berpengaruh atas keberadaan pelatih-pelatih asing. Ini menjadi fenomena yang harus disikapi oleh kita dengan berbenah. Ini sebuah tantangan dan jadi motivasi juga untuk pelatih lokal, bahwa sebenarnya kita juga bisa," ucap pelatih yang juga pernah membesut Perseru Serui dan PSS Sleman tersebut.

Kepercayaan publik sepak bola juga dinilai berpengaruh dalam fenomena ini. Situasi itulah yang kemudian membuat Liga 1 menyisakan 3 pelatih lokal, yaitu I Putu Gede (Arema FC), Seto Nurdiyantoro (PSS Sleman), dan Aji Santoso (Persebaya Surabaya).

"Kita mau membawa tim (pelatih) sebanyak mungkin, terkendala oleh (kebijakan) manajemen. Kalau mereka (pelatih asing) datang dengan semua perangkatnya, kita juga tidak bisa protes. Kita mesti introspeksi ke dalam," beber Putu.

"Saya melihat, mereka juga punya semangat yang tinggi. Tinggal bagaimana owner (pemilik) klub dan suporter berpikir, tidak bisa membuat (prestasi) yang instan, perlu support. Jadi, semangat buat para pelatih lokal untuk terus berkembang, kita harus maju sama-sama," pungkasnya. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC I putu gede Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.069

Bagikan