BolaSkor.com - Persipura Jayapura menatap serius perhelatan Piala AFC 2021. Pelatih fisik tim berjulukan Mutiara Hitam, Breno Araujo Rocha, kembali bertugas membenahi fisik Boaz Solossa dan kolega yang dinilai belum maksimal.

Kembalinya Breno ke Persipura dapat membantu peningkatan kondisi fisik pemain Persipura sebelum bertempur di fase grup AFC Cup 2021 mendatang. Persipura sendiri menggelar latihan perdana di Lapangan Maha Chandra Universitas Cendrawasih di Kompleks Perumnas III Waema, Kota Jayapura, 20 Maret lalu. Sementara Bruno bergabung di penghujung April 2021 kemarin.

Baca Juga:

Eduardo Almeida Merasa Punya Tantangan Besar Jadi Pelatih Arema FC

PSG Pati Ungguli Persipura di Laga Uji Coba

“Kehadiran pelatih fisik itu sangat penting. Sebenarnya pelatih fisik memiliki peran vital dan menjadi pondasi awal pemain sebelum berlatih, meski keadaan begini sehingga berbeda dari sebelum (pandemi Covid-19),” ujar pelatih Persipura Jacksen F. Tiago menjawab BolaSkor.com sebelum berangkat pemusatan latihan di Batu, Jawa Timur.

Pelatih asal Brasil itu menegaskan dengan kehadiran Breno dapat membuatnya meningkatkan intensitas latihan untuk anak asuhnya. Ia mengaku ada peningkatan fisik secara signifikan yang ditunjukkan oleh para pemainnya.

“Dan sekarang dengan hadirnya pelatih fisik, bisa kami tingkatkan lagi intensitas dalam latihan sehari-hari,” kata Jacksen.

Kembalinya Breno juga disambut antusias para pemain Persipura. Salah satunya Ricardo Salampessy yang menilai mantan pelatih fisik klub elit asal Brasil, Vasco da Gama itu secara perlahan mampu mengembalikan fisik para pemain Persipura ke level yang lebih baik.

“Kedatangan pelatih fisik akan sangat membantu pemain maupun tim. Karena memang progres kami harus lebih bagus lagi untuk berlaga di level AFC,” tuturnya pada kesempatan terpisah.

Lebih lanjut Jacksen menuturkan dari sisi taktik, secara pemahaman bermain anak asuhnya sudah mulai memahami skema permainan yang diinginkan. Ia pun optimistis, kondisi pemainnya akan terus meningkat di sisa waktu persiapan yang ada.

Persipura bakal melakoni laga Grup H yang dihelat terpusat di Singapura. Mereka akan melawan Kedah Darul Aman (Malaysia) pada 29 Juni, Lion City Sailors FC (Singapura) pada 2 Juli, dan Saigon FC (Vietnam) pada 5 Juli. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)