Pelatih Persebaya Persilakan Pemain Ikut Fun Football

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 11 Desember 2020
Pelatih Persebaya Persilakan Pemain Ikut Fun Football
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso melarang anak asuhnya mengikuti tarkam, tetapi mengizinkan turun di fun football. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Laga tarkam (antar kampung) laksana tradisi yang terus menggelinding dalam ranah sepak bola di Tanah Air. Apalagi di tengah ketidakpastian kompetisi Liga 1 dan Liga 2 saat ini. Tak sedikit pemain-pemain Liga 1 dan Liga 2 ambil bagian.

Para pemain beralasan menjaga kondisi ditengah vakumnya kompetisi. Tak hanya itu, pemain-pemain membutuhkan tambahan pemasukan demi dapur tetap ngebul. Maklum, para pemilik tim tarkam tak ragu mengeluarkan puluhan bahkan hingga ratusan juta rupiah untuk satu turnamen.

Apalagi, di masa pandemi COVID-19 saat ini gaji para pemain tergerus hingga 75 persen. Potongan gaji merupakan kebijakan PSSI.

Baca Juga:

Beckham Putra Mendapatkan Perhatian Serius Persib

Hengkang dari Persebaya, Makan Konate: Ada Tawaran dari Tiga Negara

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mengakui kondisi tersebut. Dia juga menyebutkan tantangan para pemain adalah menjaga kondisi tetap prima.

”Pemotongan gaji memang terasa. Demikian juga dengan menjaga kondisi pemain agar tetap terjaga. Kalau hanya latihan tetapi tidak ada yang dituju, kan membuat semangat pemain menurun,” ungkapnya.

“Para pemain memang harus melewati tantangan ini. Bagaimana upaya anak-anak bersikap profesional menjaga kondisi selama libur kompetisi,” lanjut pelatih berusia 50 tahun ini.

Kendati demikian, Aji Santoso melarang anak asuhnya ambil bagian di turnamen tarkam. Namun, dia mengizinkan Rendi Irwan dkk beraktivitas sepak bola di lapangan kampung atau mengikuti fun football dengan komunitas.

Bukan tanpa alasan mantan pelatih Persela Lamongan dan PSIM Jogjakarta itu melarang pemainnya ikut tarkam. Pasalnya, pemain-pemain sepak bola yang terjun di tarkam (antar kampung) seolah memiliki perjanjian tak tertulis ‘bola boleh lewat tapi orang jangan’.

Berbeda dengan fun football. Meski sama-sama berstatus pertandingan amatir, fun football punya kriteria khusus dan lebih terorganisir dari tarkam. Biasanya fun football diselenggarakan oleh komunitas tertentu. Orientasinya pun hanya untuk bersenang-senang karena orang-orang tertentu saja yang bisa mengikuti sehingga jauh lebih aman.

“Yang dilarang itu ikut tarkam. Kalau hanya sekadar bermain bola di kampung masing-masing tidak apa-apa. Mau ikut fun football. Silahkan saja,” pungkas Aji. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Aji santoso Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan