Pelatih Persib Bandung Tak Setuju Liga 1 Tanpa Degradasi dan Terpusat di Pulau Jawa

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 10 Juni 2020
Pelatih Persib Bandung Tak Setuju Liga 1 Tanpa Degradasi dan Terpusat di Pulau Jawa
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan tidak sepakat dengan rencana PSSI untuk meniadakan sistem degradasi. Termasuk dengan pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa jika Liga 1 kembali dilanjutkan.

Menurutnya, rencana itu tidak perlu diwujudkan. Sebab akan menyebabkan kerugian bagi beberapa klub peserta meski alasannya karena pandemi virus Corona (COVID-19).

"Saya pikir degradasi merupakan hal yang sangat penting bagi klub, agar mereka tetap memperjuangan sesuatu. Selain (berusaha) menjadi tim pemuncak klasemen, ada tim juga yang menghindari jatuh ke dasar klasemen," kata Robert saat dihubungi

Baca Juga:

PSSI Gelar Pertemuan dengan PT LIB untuk Bahas Kelanjutan Kompetisi

Striker PSIS Harinur Yulianto Sampaikan Harapan Menyusul Kemungkinan Liga 1 Dilanjutkan

Selain itu, kata Robert Rene Alberts, ketiadaan sistem degradasi akan berdampak besar bagi klub Liga 2. PSSI hanya akan mengambil dua tim dari sebelumnya tiga dari Liga 2, sehingga Liga 1 musim 2021 akan diikuti 20 klub.

"Jadi penting untuk tim-tim yang berada di Liga 2. Harus ada sesuatu yang memacu mereka untuk berjuang ke Liga 1," tegasnya.

Sementara soal pertandingan yang dipusatkan di pulau Jawa, pelatih asal Belanda ini merasa tidak adil. Terutama untuk tim-tim yang berada di luar pulau Jawa.

"Bagaimanapun, dilihat dari sudut pandang lain, jika seluruh kompetisi dihelat hanya di Jawa, tentu itu tidak adil untuk sejumlah klub karena mereka harus pergi dari tempat mereka untuk waktu yang sangat panjang," jelasnya.

Namun demikian, Robert Rene Alberts memaklumi rencana tersebut karena saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir. Bisa saja rencana itu tidak diterapkan PSSI lantaran masa pandemi sudah berakhir.

"Ini hanya cara awalan untuk dimulainya kompetisi. Karena saat nanti situasinya sudah bisa dikendalikan lagi, mungkin kita bisa kembali sistem liga yang normal," harapnya.

"Saat ini. Situasinya mulai terkendali, masyarakat bisa kembali (beraktivitas) normal, dan bukan hanya normal baru saja. Dan saya pikir Stadion akan dibuka kembali dan itu waktunya semua orang bermain lagi di lingkungan mereka, dan Stadion kandang sendiri," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan