BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan usulan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar turnamen sebelum melaksanakan Liga. Tujuannya sebagai ajang pemanasan tim.

Pasalnya, dikatakan Robert, sudah cukup lama para pemain tidak menjalani pertandingan. Terakhir terjadi pada pertengahan Maret 2020 seiring ditundanya Liga 1 2020 akibat pandemi COVID-19.

"Saya pikir saat ini, dengan kondisi adanya mutasi baru dari COVID dan masih belum jelasnya soal vaksin, saya lebih menyarankan untuk memulai dengan semacam turnamen," kata Robert Rene Alberts saat dihubungi, Selasa (19/1).

Pelatih asal Belanda ini menilai turnamen itu bisa digelar pada akhir Maret atau April ini. Sehingga para klub memiliki waktu untuk mempersiapkan para pemainnya dengan baik.

Baca Juga:

Pelatih Barito Putera Prihatin dengan Musibah Banjir di Kalimantan Selatan

Regulasi Liga 1 2021, Teco: Seharusnya Ada Degradasi

"Klub juga bisa mulai mencari pemain asing karena seperti diketahui sulit melakukan penerbangan dari luar negeri karena adanya regulasi lockdown dari beberapa negara dan kebijakan karantina ketika memasuki suatu negara," tuturnya.

Karena itu, Robert Rene Alberts menilai gelaran turnamen adalah jalan terbaik bagi seluruh tim sebelum memulai Liga. Sehingga para tim bisa tampil maksimal di laga sebenarnya.

"Jika melihat Agustus, saat itu kita sudah tahu hasil dari vaksin dan bagaimana penanganan COVID bukan cuma di Indonesia tapi di dunia dan jika Indonesia bisa mengikuti jalannya musim seperti di Eropa saya rasa akan ada banyak kemudahan untuk Indonesia," katanya.

Pelatih berusia 65 tahun ini memahami Eropa memiliki perbedaan iklim dengan Indonesia. Tepatnya di bulan November, Desember, Januari hingga Februari, sepak bola kemungkinan terhenti karena di Eropa memasuki musim dingin.

"Tapi di Indonesia kami tidak punya itu meski tentunya ada musim hujan. Tapi pada prinsipnya kami bisa memainkan laga sepanjang musim kompetisi di iklim yang ada," katanya.

Jika mengikuti sistem kompetisi di Eropa pada musim 2021-2022, lanjut Robert, Indonesia akan memiliki keuntungan yang sangat besar. Seperti halnya transfer window pemain hingga jadwal tampil di turnamen besar yang diagendakan FIFA.

"Saya rasa demi kebaikan, mulai turnamen pada akhir Maret atau awal April hingga Juni atau Juli. Lalu setelah itu klub bisa bergerak lagi seperti mulai mengontrak pemain termasuk pemain asing dengan kualitas yang bagus dan kami bisa fokus serta menyiapkan pramusim yang bagus supaya bisa kembali bermain di Liga pada Agustus 2021," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)