BolaSkor.com - Publik sepak bola Indonesia dibuat terkejut dengan temuan kasus positif COVID-19 di kalangan pesepak bola jelang kembalinya Liga 1 2020 di awal Oktober nanti. Secara terbuka, Persik Kediri mengumumkan salah satu pemainnya terjangkit virus ini.

Bek senior asal Papua, Andri Ibo, menjadi pesepak bola Indonesia kedua yang menderita COVID-19 setelah penyerang Persib Bandung, Wander Luiz. Hal ini tentu membuat geger mengingat kompetisi akan berlangsung dua minggu ke depan.

Di tengah cercaan netizen yang meminta kompetisi dihentikan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, bergeming. Sementara klub Jawa Timur lainnya, Madura United, memilih tak panik dengan situasi yang berkembang saat ini.

Baca Juga:

PT LIB Terpaksa Mengubah Tanggal dan Format Medical Workshop Jelang Liga 1

Target Persija Jakarta Tetap Juara Liga 1 2020 meski Sergio Farias Hengkang

"Ya, prosesnya jalani saja sesuai protokol kesehatan PSSI. Tracing dan tracking (sudah) dilakukan, jadi tinggal treatment, Isolasi yang terpapar, insha Allah segera sembuh," ungkap Direktur Madura United, Haruna Soemitro.

Pria yang juga menjabat sebagai Exco PSSI ini mengaku Laskar Sape Kerrab telah menjalani protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan untuk mencegah multiplier effects yang merugikan lanjutan kompetisi sepak bola Indonesia.

"Sudah pasti dan telah dijalankan dalam sesi latihan selama ini. Sebelum latihan di swab, jika negatif boleh ikut latihan. Terus yang positif menjalani pemulihan hingga negatif. Baru diperbolehkan gabung latihan lagi," pungkasnya.

Madura United akan menghadapi Persib pada restart Liga 1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, (14/9). Pertemuan keduanya dipastikan berjalan menarik mengingat historis keduanya yang selalu diwarnai kejadian kontroversial. (Laporan Kontributor Bima Pamungkas/Madura)