BolaSkor.com - Stadion an der Alten Forsterei mendadak jadi tempat berpesta masyarakat Timur Jerman, mereka adalah fans Union Berlin. Seketika, lapangan tumpah ruah oleh lautan manusia yang mengenakan warna merah pada Selasa (28/5) waktu setempat.

Selayaknya fenomena giant killing (pembunuh raksasa) di turnamen lokal Inggris, sebanyak kurang lebihnya 22.000 fans Union langsung turun ke lapangan untuk melakukan selebrasi bersama pemain dan staf kepelatihan.

Euforia yang mereka rasakan jauh lebih besar dari sekedar tim kecil mengalahkan tim besar, melainkan perasaan untuk kali pertama promosi ke Bundesliga 2019-20.

"Saya tak bisa memercayainya. Saya menanti 40 tahun untuk laga ini. Saya begitu bahagia karena orang-orang di sini (fans) sangat layak mendapatkannya. Saya begitu bahagia," tutur Dirk Zingler, Presiden Union Berlin.

Baca Juga:

Bayern 5-1 Frankfurt: Robbery Cetak Gol, Die Roten Juara Bundesliga 2018-19

Sejarah Tercipta, Lima Liga Top Eropa Dimenangi Juara Bertahan

Fans Union Berlin masuk ke dalam stadion

Kata-kata itu boleh jadi menggambarkan betapa terharunya perasaan fans kepada tim kesayangan mereka yang bermain gigih, penuh determinasi, dan habis-habisan melawan Stuttgart di fase final play-off untuk menentukan tim yang promosi sekaligus degradasi.

Stuttgart, juara lima kali Bundesliga dan jauh lebih tua tahun berdirinya daripada Union, kalah karena agresivitas gol tandang 2-2 yang dimiliki Union. Keduanya bermain imbang 2-2 di leg pertama yang berlangsung di Mercedes-Benz Arena.

Dua gol Christian Gentner dan Mario Gomez dibalas oleh gol yang dilesakkan Suleiman Abdullahi dan Marvin Friedrich. Kala memainkan leg dua di markas Union, anak asuh Urs Fischer tahu mereka punya dua cara untuk menyikapi laga: coba mencetak gol atau bertahan.

Dengan taktik 4-5-1, Union benar-benar menangkal tiap serangan Stuttgart yang datang - apalagi tim tamu tak punya cukup kekuatan bagus di lini depan.

Union Berlin vs Stuttgart

Pada akhirnya, Stuttgart yang memiliki nama populer semisal Holger Badstuber, Benjamin Pavard, Gomez, Denis Aogo, tak mampu meruntuhkan kuatnya tekad pemain Union, yang 'setebal' Tembok Berlin, untuk promosi ke Bundesliga.

"Ini kesuksesan untuk semuanya di klub ini ... saya selalu percaya ini (promosi ke Bundesliga) mungkin terjadi," ucap Fischer selepas laga. Fischer, musim depan, akan membawa timnya bertempur melawan tim sekaliber Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.