Pengorbanan Marcelo Bielsa demi Imbangi Manchester United

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 26 April 2021
Pengorbanan Marcelo Bielsa demi Imbangi Manchester United
Marcelo Bielsa (Twitter)

BolaSkor.com - Leeds United sukses mencuri satu poin saat menjamu Manchester United dalam lanjutan Premier League 2020-2021. Hasil ini tak akan terjadi tanpa pengorbanan manajer The Whites, Marcelo Bielsa.

Dalam laga yang berlangsung di Elland Road, Minggu (25/4) kedua tim hanya mampu bermain imbang 0-0. Hasil ini mempertipis peluang Manchester United untuk merebut gelar juara.

Menariknya, Leeds tampil agak berbeda dari biasanya. Tim promosi itu tidak menerapkan strategi pressing tinggi yang menjadi ciri khas Bielsa dan memilih lebih menunggu.

Baca Juga:

Leeds United 0-0 Manchester United: Setan Merah Gagal Pangkas Jarak

Laga Leeds Vs MU Diwarnai Protes Fans Menggunakan Pesawat Terbang

Dimusuhi Suporter, Glazer Siap Jual Manchester United dengan Harga Fantastis

Leeds United vs Manchester United

Bielsa mengakui adanya perubahan gaya bermain Leeds. Ia belajar dari kesalahan di pertemuan pertama saat Leeds dihajar 2-6 saat bertandang ke Old Trafford.

Saat itu, Leeds dengan berani tampil terbuka kontra Manchester United. Namun strategi tersebut seolah menjadi bumerang karena para pemain Setan Merah mampu mengeksploitasinya secara maksimal.

Hal ini menjadi menarik karena Bielsa dikenal sebagai pelatih yang keras kepala. Namun ia rela meredam ego demi kebaikan tim asuhannya.

"Kami bertahan dengan baik dalam pertandingan tadi. Kami tidak bisa menyerang seperti yang kami inginkan," kata Bielsa kepada BBC.

"Bahkan saat kami tidak mendominasi, kami menghindari permainan menjadi tidak seimbang dan ini menjadi tanda adanya evolusi strategi."

Sebelum pertandingan, Bielsa memang memberikan pujian kepada Manchester United. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer diakuinya menerapkan permainan yang sederhana tapi mematikan.

Perubahan strategi ini membuat Leeds kalah dalam penguasaan bola. Kondisi ini termasuk langka dialami mereka saat bermain dalam laga kandang.

Bielsa Puas

Namun fakta tersebut tak terlalu diambil pusing Bielsa. Ia memuji anak-anak asuhnya yang menjalankan instruksinya dengan baik.

"Selama ini mereka (pemain Leeds) melakukan kesalahan dan telah belajar bagaimana memperbaikinya. Dengan cara yang sama, mereka belajar untuk menghindari kesalahan yang bisa dihindari," tambahnya.

"Saya merasa ada pertumbuhan dalam kematangan mereka dalam cara mengelola permainan ini."

Leeds United Manchester United Marcelo Bielsa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan