BolaSkor.com - Tim analis data di Beyond Stats, proyek statistik canggih kolaborasi LaLiga dan Microsoft, telah menghasilkan laporan dengan data dari LaLiga Santander 2021/22. Informasi tersebut juga dapat dikonsultasikan di situs LaLiga, dan lebih banyak data tentang musim ini dapat dilihat di situs Beyond Stats.

Beyond Stats adalah komitmen LaLiga untuk mendekatkan kinerja dan metrik pertandingan kepada penggemar dan media.

Sekarang, penguasaan bola jauh lebih dari sekadar persentase

Jika berhenti untuk memikirkan salah satu statistik terkait sepak bola pertama yang ditemukan dalam hidup, bagi banyak dari kita, persentase penguasaan bola kemungkinan akan langsung muncul di pikiran. Selama beberapa tahun sekarang, hampir setiap siaran pertandingan menampilkan metrik yang sekarang kami anggap sebagai bagian tak terpisahkan dari permainan.

Berkenaan dengan persentase penguasaan bola, kriteria telah berkembang, menjadi lebih spesifik dan menciptakan berbagai bidang analisis yang melampaui statistik dasar yang kita semua kenali.

Baca Juga:

Barcelona Minta Tukar De Jong dengan Maguire, Manchester United Tegas Menolak

Barcelona Kejar Raphinha hingga Titik Darah Penghabisan

Manchester United dan Barcelona Siap Bertemu Bahas Transfer Frenkie de Jong

Persentase penguasaan bola klasik

Klasemen persentase penguasaan bola LaLiga mengungkapkan bahwa FC Barcelona berada di puncak klasemen dengan 62,8 peren, diikuti oleh Real Madrid dengan 58,7 persen, dan Sevilla dengan 58 persen. Menempati tempat keempat adalah Villarreal (57 persen), sementara RC Celta melengkapi lima besar dengan 55,7 peren. Statistik ini menawarkan kepada kita angka persentase mengenai berapa lama masing-masing pihak memiliki penguasaan bola selama pertandingan

Tidak ada kejutan dalam tim yang kami temukan di antara lima besar: FC Barcelona, Real Madrid, Sevilla FC, Villarreal CF, dan RC Celta. Mereka semua adalah tim yang kami kaitkan dengan build-up permainan yang rumit. Namun, dalam permainan modern, kami tidak hanya fokus pada persentase penguasaan dalam pengertian klasik, dengan analisis kami mencakup beberapa metrik terkait penguasaan bola yang berbeda.

Jumlah pemain per penguasaan

Jika melihat jumlah rata-rata pemain yang terlibat dalam setiap penguasaan bola selama 90 menit, LaLiga menemukan metrik lain yang terkait dengan permainan membangun tim. Semakin banyak pemain yang terlibat dalam fase menyerang, semakin rumit gerakannya. Sebaliknya, tim dapat memilih untuk mengadopsi pendekatan yang lebih langsung, dan ini akan melibatkan lebih sedikit pemain per penguasaan.

Seperti yang dapat kita lihat dari peringkat jumlah pemain per penguasaan bola di LaLiga Santander musim ini, empat dari lima tim teratas juga menempati posisi teratas dalam persentase penguasaan bola kami: Real Madrid, FC Barcelona, Sevilla FC, Villarreal CF, dan Real Betis.

Membangun serangan: Jumlah operan per penguasaan

LaLiga baru saja mencari tahu berapa banyak pemain yang terlibat dalam setiap penguasaan, tetapi bagaimana jika kami mencari tahu jumlah operan yang dimainkan di antara para pemain itu di setiap skema pembangunan serangan?

Pada konteks ini, kami sekali lagi memiliki lima tim yang menonjol: Real Madrid 6.5; FC Barcelona 6.4; Sevilla FC 5.6; Villarreal CF 5.2; dan Real Betis 5.1. Skor rata-rata ini memberi kita wawasan kualitatif tentang fase penguasaan bola.

Tingkat sirkulasi bola: operan per menit

Sampai saat ini, kita telah melihat penguasaan bola, pergerakan dan pemain, dan sekarang saatnya untuk memperkenalkan faktor penting dalam kombinasi waktu.

LaLiga akan mengidentifikasi tim mana yang memainkan jumlah operan terbanyak per menit selama penguasaan bola. Laju sirkulasi bola, oleh karena itu, memungkinkan kita untuk menentukan seberapa cepat sebuah tim menggerakkan bola, dengan kata lain, seberapa cepat mereka berhasil membuat bola bergerak.

Ketika memperkenalkan elemen waktu, Atletico Madrid mengklaim tempat di lima besar, sementara Villarreal CF keluar dari lima besar.

Dalam edisi khusus ini, LaLiga berusaha menawarkan beberapa konteks pada penampilan tim favorit Anda melalui serangkaian kriteria yang belum banyak digunakan hingga saat ini. Real Madrid, Barcelona dan Sevilla mengamankan podium di semua peringkat, sementara Atletico Madrid, Real Betis, Villarreal CF, dan RC Celta bertukar tempat di tempat keempat dan kelima.

Jumlah pemain yang terlibat per penguasaan adalah inti dari identitas tim

Ada banyak sekali faktor yang dapat membantu kami menentukan penguasaan bola tim dan salah satunya adalah jumlah pemain yang terlibat per penguasaan bola. Elemen ini mengukur berapa banyak anggota tim yang menyentuh bola selama transisi menyerang. Sebagai aturan, tim yang permainannya melibatkan fase serangan dan penguasaan bola yang lebih rumit akan memiliki jumlah pemain per penguasaan yang lebih tinggi.