Pep Guardiola Sudah Tahu Lama soal Bakat Melatih Mikel Arteta

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 27 Januari 2023
Pep Guardiola Sudah Tahu Lama soal Bakat Melatih Mikel Arteta
Pep Guardiola dan Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Pelatih asal Spanyol, Mikel Arteta, membungkam pengkritik yang menyoroti kinerjanya di Arsenal dengan pembuktian di musim 2022-2023. The Gunners belum meraih apapun tapi mereka di jalan yang tepat untuk mengakhiri penantian titel liga.

Arsenal berlari sendirian di puncak klasemen Premier League dengan 50 poin dari 19 laga, terpaut lima poin dari juara bertahan Manchester City yang sudah bermain 20 kali. Arsenal pun jadi favorit juara setelah terakhir memenanginya pada 2004.

Musim ini Arsenal dan Man City belum sekali pun bertemu dan akan bertemu untuk kali pertama di putaran empat Piala FA, Sabtu (28/01) pukul 03.00 dini hari WIB. Laga itu akan menjadi ujian besar bagi kedua tim, khususnya untuk Arsenal.

Menilik pertemuan kedua tim menarik untuk melihat Mikel Arteta dan Pep Guardiola, dua pelatih hebat dari Spanyol, serta murid dan guru. Bukan rahasia lagi apabila Arteta belajar selama tiga tahun dengan Guardiola sebagai asisten pelatih di Man City (2016-2019).

Baca Juga:

Persahabatan Bagai Kepompong, Hubungan Arteta dan Guardiola Tetap Adem Ayem

3 Catatan Menarik Jakub Kiwior, Rekrutan Baru Arsenal Asal Polandia

Prediksi dan Statistik Man City Vs Arsenal: Menguji The Gunners

Guardiola pun mengenang masa lalunya ketika ia sudah lama menyadari bakat dalam karier kepelatihan Arteta. Kurang dari 30 menit Guardiola berbicara kepada Arteta dan ia sudah melihat bakat besar darinya.

"Saya ingat bahwa pertandingan pertama yang kami mainkan, saya pikir adalah melawan Sunderland, dan kami bermain melawan David Moyes yang ada di sana pada saat itu dan dia berkata 'Saya mengenalnya dengan baik, saya berada di Everton, dia melakukan ini, dia melakukan itu, strategi, situasi bola mati'," tutur Guardiola di laman resmi Man City.

"Dan ya setelah 15 menit, setengah jam, saya berkata 'Ya dia orangnya, dia orangnya, dia bisa membantu saya mengantisipasi (saat bertanding)'."

"Di Premier League Anda perlu mengenalnya lebih cepat daripada nanti, tetapi jika Anda memiliki seseorang seperti yang diantisipasi, wawasan apa artinya pergi ke Stoke City atau pergi ke setiap stadion. (Arteta adalah) seorang pria yang telah bertahun-tahun di sini, menjadi bagian dari itu jadi kami mulai bekerja sama."

"Saya tidak tahu apa bagian saya dari dia, tetapi pengaruhnya terhadap saya sangat besar, sangat besar, sangat penting untuk menjadi manajer yang lebih baik," papar Guardiola.

Guardiola pun dibuat salut dengan Arsenal yang tetap bersabar kepada Mikel Arteta, khususnya di masa sulit. Saat ini Arsenal sudah mulai melihat hasil dari proyek yang dibangun eks pemain Everton tersebut.

"Saya merasakannya. Kami mengetahuinya ketika dia ada di sini," imbuh Guardiola tentang kemampuan melatih Arteta.

"Pujian terbesar untuk Arsenal juga, adalah untuk mendukungnya di saat-saat buruk dan memercayainya, dan mempertahankannya dan mengandalkannya."

"Pada akhirnya, Anda butuh waktu, Anda butuh investasi dan hasilnya ada. Merupakan tantangan bagi kami untuk menantang mereka," urai Guardiola.

Arsenal Manchester City Piala FA Arteta Mikel Arteta Guardiola Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.183

Bagikan