3 Catatan Menarik Jakub Kiwior, Rekrutan Baru Arsenal Asal Polandia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 24 Januari 2023
3 Catatan Menarik Jakub Kiwior, Rekrutan Baru Arsenal Asal Polandia
Jakub Kiwior (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal bak bergerak dalam keheningan pada bursa transfer musim dingin atau Januari 2023. The Gunners move on dari kegagalan merekrut Mykhaylo Mudryk yang dibajak tim rival, Chelsea, dan langsung merekrut dua pemain.

Rekrutan anyar pertama adalah penyerang asal Belgia, Leandro Trossard, yang direkrut dari Brighton & Hove Albion. Pada usia 28 tahun Trossard punya pengalaman bermain di Premier League dan timnas Belgia, ideal untuk melapis Gabriel Jesus yang cedera.

Pemain kedua diboyong dari Spezia dengan banderol 25 juta euro, Jakub Kiwior. Pemain berumur 22 tahun dapat jadi investasi jangka panjang Arsenal arahan Mikel Arteta dan ia berposisi sebagai bek berkaki kidal.

Baca Juga:

Arsenal 3-2 Manchester United: Misi Balas Dendam Terpenuhi

Lihat Hasil Kerja Ten Hag di Manchester United, Arteta Angkat Topi

Manchester United Jadi Korban Terbaru, Arsenal Tetap Tidak Akan Juara

"Senang Jakub bergabung dengan kami. Dia adalah bek muda serbabisa yang telah menunjukkan potensi dan kualitas besar bersama Spezia di Serie A, dan juga di level internasional bersama Polandia," tutur Arteta soal Kiwior.

"Jakub adalah pemain yang akan memberi kami kekuatan dan kualitas untuk unit pertahanan kami. Kami menyambut Jakub dan keluarganya ke Arsenal dan berharap dapat bekerja sama dengannya."

Mengenai Jakub Kiwior, BolaSkor telah menyiapkan beberapa informasi menarik mengenainya. Berikut uraian lengkapnya:

1. Latar Belakang hingga Karier Klub

Lahir di Tychy, Polandia, pada 15 Februari 2000 yang notabene ada di bagian Selatan Polandia, Kiwior memulai karier sepak bolanya di klub kampung halamannya sebelum gabung di akademi muda Anderlecht pada 2016.

Pasca tampil lima kali di Liga Muda UEFA dalam kurun waktu dua setengah tahun untuk Anderlecht, Kiwior merantau ke Slovakia dengan Podbrezova dan MSK Zilina. Di sana ia menembus tim utama sebagai pemain muda.

Selama membela Zilina, Kiwior merupakan penyintas ketika klub memotong sampai 17 pemain karena pandemi virus corona yang memengaruhi keuangan. Kiwior terus membantu Zilina hingga tampil di Kualifikasi Europa Conference League dan ia bermain di setiap menitnya sebelum disingkirkan Jablonec.

Performa apik Kiwior di kancah domestik dan Eropa menarik atensi tim promosi Serie A, Spezia, yang membelinya pada Agustus 2021 sebesar 2,2 juta euro. Semenjak saat itu kariernya berkembang hingga Arsenal datang merekrutnya.

2. Gaya Main

Kelebihan pertamanya adalah pemain serba bisa yang dapat dimainkan sebagai full-back, bek tengah, dan gelandang bertahan. Kiwior berkaki kidal dan punya kekuatan pada fokus, kemampuan memblok bola, dan memotong bola dari lawan.

Kiwior tipikal bek lugas yang tidak ambil pusing untuk menyapu bola dari zona berbahaya, selain itu juga ia suka memainkan bola lambung. Tetapi kemampuannya mengoper bola masih harus dikembangkan lagi.

Menurut catatan WhoScored pada 20 Januari lalu, hanya ada dua pemain di Serie A musim ini yang memblok bola lebih dari Kiwior (18 kali) yakni Ardian Ismajli dan Kim Min-jae.

3. Pengalaman di Level Internasional

Kiwior sudah mengenakan jersey timnas Polandia sejak U-16 hingga ke timnas senior. Pada timnas Polandia U-21 Kiwior dilatih oleh Czeslaw Michnieweicz. Debut pertamanya di timnas senior Polandia terjadi pada Juni 2022.

Kiwior bermain 90 menit alias satu laga penuh kala Polandia imbang 2-2 lawan Belanda di UEFA Nations League. Ia tetap ada dalam skuad pada turnamen termasuk saat menang 1-0 atas Wales pada September lalu.

Michieweicz, yang kini juga melatih timnas Polandia, memercayai Kiwior hingga ia masuk skuad di Piala Dunia 2022 dan Kiwior selalu bermain di tiap laganya kontra Meksiko, Arab Saudi, Argentina, hingga Prancis. Kini ia punya 9 caps.

Jakub Kiwior Trivia Sepak Bola Sosok Arsenal Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.177

Bagikan