BolaSkor.com - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menggelar turnamen catur online. Mereka melakukan turnamen tersebut sebanyak 15 seri dengan total hadiah Rp 75 juta.

Percasi menunda dan membatalkan sejumlah turnamen resmi juga terbuka resmi akibat pandemi virus corona. Alhasil, sejumlah inovasi pun mereka lakukan, seperti menggelar turnamen online.

Dalam sejarahnya, pertandingan catur memang sempat diselenggarakan tanpa harus saling berhadapan. Contohnya adalah Amerika Serikat melawan Uni Soviet pada 1945 yang menggunakan sarana radio.

Baca Juga:

Mencari Atlet Esports Indonesia Terbaik Lewat Reality Show

New Normal, Tenis Sudah Ajukan Izin Latihan di Gelora Bung Karno

Percasi sendiri sdah menggelar pertandingan catur online sebanyak lima kali. Seri VI bakal dimainkan pada Minggu (21/6) melalui situs mereka.

Waktu pikir yang digunakan adalah catur kilat, tiga menit dua detik setiap langkahnya. Peminat turnamen tersebut sendiri semakin bertambah di setiap seri.

"Tujuan Percasi yang paling utama adalah agar atlet catur nasional tidak berhenti menjalani latihan. Kami tidak boleh kalah dengan pandemi virus corona," tutur Ketua Umum Percasi, Utut Adianto.

Dalam pertandingan catur online, tidak ada wasit sehingga kejujuran atlet menjadi tuntutan. Turnamen online ini merupakan tempat latihan sekaligus membentuk kejujuran.