BolaSkor.com - Satu dekade terakhir rasanya tidak banyak menyisakan kenangan manis untuk para pendukung Arsenal di kompetisi Eropa. Bagaimana tidak, perjalanan mereka lebih sering berhenti pada awal fase gugur.

Jangankan masuk ke final, lolos hingga semifinal saja Arsenal jarang. Dalam 10 perjuangan terakhir di kompetisi Eropa, The Gunners hanya tiga kali melewati fase 16 besar.

Kali terakhir Arsenal lolos ke final kompetisi Eropa adalah pada Liga Champions 2005-2006. Saat itu, The Gunners takluk dari Barcelona.

Baca Juga:

Manchester City Tak Lebih Baik dari Tim Invincibles Arsenal

9 Statistik Menarik Warnai Jelang Laga Final Liga Europa 2018-19

Arsenal Vs Qarabag

Peruntungan berubah dengan masuknya Unai Emery sebagai manajer baru. Emery yang berpengalaman memenangi Liga Europa membuka peluang Arsenal memenangi trofi Eropa pertama sejak Piala Winners 1993-1994.

Arsenal menjalani Liga Europa 2018-2019 dengan cukup meyakinkan. Pada fase grup, Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan lolos dengan status tidak terkalahkan.

Dari enam laga di Grup E Liga Europa 2018-2019, Arsenal meraih lima kemenangan dan satu hasil seri. Sporting CP menjadi satu-satunya kesebelasan yang mampu mengimbangi The Gunner pada Matchday 4.

Total Arsenal mampu mencetak 12 gol selama periode tersebut. Sementara itu, gawang Petr Cech hanya jebol dua kali, pada Matchday 1 saat menghadapi Vorskla Poltava.