Persebaya Asah Ketajaman Situasi Set Piece

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 21 September 2020
Persebaya Asah Ketajaman Situasi Set Piece
Set piece Oktafianus Fernando. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Menu set piece menjadi santapan skuat Persebaya Surabaya. Mengasah kemampuan dalam menciptakan peluang melalui situasi set piece. Juru racik Aji Santoso menekankan pada tendangan bebas dan skema tendangan sudut.

Beberapa pemain dicoba Aji Santoso untuk menjadi eksekutor bola mati. Tidak hanya memilih penendang, namun strategi bertahan dari skema serangan tendangan bebas juga diberikan pelatih berlisensi AFC A Pro tersebut.

“Kami mulai mematangkan (situasi) set piece. Khususnya free kick dan corner kick pada seluruh pemain, karena itu bagian dari taktik yang digunakan nanti saat bermain,” jelas Aji.

Baca Juga:

Paul Munster Ambil Sisi Positif Pasca Kekalahan Bhayangkara FC dari Persita pada Laga Uji Coba

Pelatih PSIS Semarang Berharap Wallace Costa Sudah Siap saat Melawan Barito Putera

Dalam sepekan terakhir, Persebaya sudah dua kali menggelar latihan set piece. Sebelumnya Rendi Irwan dkk. sudah melahap menu serupa pada Senin lalu (14/9). Dari rangkaian latihan tersebut Aji mengaku sudah mengantongi beberapa nama calon eksekutor.

Mantan pelatih timnas Indonesia tersebut masih akan memantau hingga persiapan terakhir. Mengingat dibutuhkan beberapa kali latihan lagi untuk menemukan eksekutor dan skema yang pas.

Selama ini beberapa pemain sudah menjadi langganan eksekutor tendangan bebas. Makan Konate, Mahmoud Eid dan Hambali Tolib pernah mengambil tanggung jawab tersebut.

“Saya sudah mengantongi nama-nama yang akan mengeksekusi set piece. Begitu juga bagaimana pergerakan ketika menyerang dan defending pada situasi corner kick. Semua sudah saya berikan,” terang Aji.

“Tapi ini perlu dilatih yang berulang-ulang kepada pemain. Supaya nantinya terbentuk otomatisasi saat pertandingan nanti,” pungkasnya. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Aji santoso Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan