Persebaya Berharap PSSI Tanggung Cedera Koko Ari

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 31 Mei 2021
Persebaya Berharap PSSI Tanggung Cedera Koko Ari
Koko Ari Araya. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Bek kanan Persebaya Surabaya, Koko Ari Araya menderita cedera bersama Timnas Indonesia saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Ia mengalami cedera lutut kanan pada latihan sehari sebelum menghadapi Afghanistan (25/5) lalu. Persebaya merasa kecewa karena tidak ada penjelasan detail terkait cedera yang dialami bek berusia 21 tahun itu.

"Kami belum dapat informasi detail, cuma memang akan diobservasi lebih lanjut. Cederanya pas latihan di Dubai," sebut manajer Persebaya Candra Wahyudi usai menghadiri acara Kongres Tahunan PSSI di Hotel Raffles, Jakarta Selatan (29/5) kemarin.

Dari pemeriksaan MRI, Koko mengalami cedera pada ACL-nya. Cedera yang menjadi momok bagi setiap pesepakbola. Pasalnya, masa pemulihan membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi mengembalikan kondisi pemain ke performa prima sebelum cedera.

Baca Juga:

Direktur Bisnis PT LIB Bicara Hak Siar dan Sponsor Liga 1 2021

Arema FC Tunggu Paparan Teknis soal Format Series Liga 1 2021

Menurut Candra, Persebaya menyayangkan berita soal cedera Koko yang simpang siur. Mulai dari sejumlah media maupun akun-akun media sosial yang menyatakan ACL Koko putus total. Hingga disebutkan pula ia harus menjalani operasi dan pemulihan selama setahun.

Padahal, dalam keterangan Koko kepada manajemen Bajol Ijo, pemain produk kompetisi internal Persebaya itu menyebutkan bahwa kondisinya belum sampai divonis harus operasi. Ia juga mengirim video sudah bisa lari-lari kecil. Selain itu, tidak semua cedera ACL harus operasi, tergantung kondisinya.

"Sebenarnya kami agak menyayangkan karena pola komunikasi dari timnas yang agak kurang baik. Kami tahunya justru dari media sosial dan dari pemainnya sendiri ketika kami konfirmasi baru mengakui. Belakangan baru ada informasi dari timnas soal kondisinya seperti apa," ungkap Candra.

Bukan kali ini saja Persebaya merasa geram dengan cedera yang menimpa pemainnya ketika membela skuad Garuda. Sepanjang tahun 2020 lalu, Persebaya dua kali dihadapkan kabar tak mengenakkan. Pertama, Ruy Arianto mengalami cedera ACL kanan ketika menjalani latihan bersama timnas Indonesia U-16. Persebaya sebagai klub tempat bernaung Ruy tidak mendapatkan informasi ini langsung dari PSSI ataupun staf tim nasional.

Pun demikian dengan kejadian yang menimpa Ernando Ari Sutaryadi. Ia terpaksa naik meja operasi pada Agustus 2020 lalu. Pesepak bola berusia 18 tahun tersebut mengalami cedera tangan ketika berlatih bersama Timnas Indonesia U-19. Saat itu, pelatih kiper Persebaya Benyamin Van Breukelen kecewa karena cedera tangan Ernando kembali kambuh. Bahkan, pria yang karib dipanggil Benny itu murka lantaran PSSI disebutnya tidak merawat sang kiper sampai pulih.

Meski kerap dikecewakan oleh federasi, Candra berharap PSSI dan timnas bertanggung jawab atas cedera yang menimpa Koko. Sama seperti ketika Ruy dan Ernando mendapat perawatan dari PSSI dan timnas.

"Kami meminta PSSI melakukan upaya maksimal agar (Koko) segera pulih. Kami berharap, pemain kita bisa mendapatkan perawatan yang terbaik," tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Timnas Indonesia Koko Ari Araya Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan