Persebaya Dilema dengan Kepergian Marselino Ferdinan ke Timnas U-19 dan Cedera Vidal

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 30 Agustus 2022
Persebaya Dilema dengan Kepergian Marselino Ferdinan ke Timnas U-19 dan Cedera Vidal
Selebrasi emosional wonderkid Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan yang menjadi penentu kemenangan atas PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Kehilangan dua pemain andalan membuat Persebaya Surabaya tidak dapat menurunkan kekuatan terbaik. Gelandang asing Higor Felipe Vidal dan wonderkid Marselino Ferdinan dipastikan absen pasca melakoni pekan kedelapan Liga 1 2022/2023 nanti.

Marsel, sapaan Marselino, bakal segera meninggalkan tim usai laga melawan Bali United, Jumat (2/9). Dia mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 proyeksi Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 yang digelar 25 Agustus hingga 6 September di Jakarta.

Belum lagi Bajol Ijo harus kehilangan Vidal yang masih berkutat dengan cedera paha. Pemain asal Brasil tersebut disarankan menepi. Kondisi ini diperparah dengan absennya Brylian Negietha Dwiki Aldama. Mantan pemain Garuda Select itu bermasalah pada lutut kiri yang merupakan cedera lama. Kedua pemain tersebut diperkirakan absen empat hingga enam pekan ke depan.

Baca Juga:

Persib Kebobolan 18 Gol, Budiman Pastikan Luis Milla Punya Banyak PR

Gol Cepat Jadi Alasan Persib Kalah Telak dari PSM Makassar


Situasi ini membuat pelatih Persebaya Aji Santoso tak menampik kesulitan menyusun starting line up. Dia harus berpikir lebih keras mencari komposisi tim terbaik, apalagi sejak awal bergulirnya kompetisi silih berganti pemain Persebaya absen.

"Itulah yang agak bikin kami sedikit pusing dari awal (pekan) pertama sampai ketujuh kami tidak menurunkan tim terbaik 100 persen. Marsel dapat panggilan timnas, (sekarang) Vidal cedera," keluh Aji.

Pelatih berusia 52 tahun itu menyebut dirinya mendukung siapa pun pemain Persebaya yang mendapat panggilan membela tim Merah Putih. Kendati demikian, Aji mengatakan bahwa kondisi pemain berusia 19 tahun itu sebetulnya belum dalam kesehatan yang prima.

"Marsel juga sebenarnya belum fit banget. Dia malah dapat panggilan Timnas. Tapi, dia akan berangkat setelah melawan Bali United," ungkapnya.

Dengan komposisi skuad yang mayoritas dihuni pemain-pemain muda bertalenta itu, Aji sadar sewaktu-waktu pemain-pemain tim berjulukan Bajol Ijo tersebut dapat dipanggil untuk mengikuti agenda timnas. Maka dari itu, dia meminta agar PSSI bisa bijak melihat kondisi Persebaya yang tengah berkompetisi.

"Kita tahu pemanggilan pertama 50 pemain atau berapa itu, tentunya pemain-pemain yang baru. Saya juga memohon untuk memahami (kondisi) Persebaya, tapi kita tetap akan support (timnas Indonesia)," pinta pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Selain kepergian Marsel ke timnas, Persebaya menyumbang tiga pemain lain yakni Aditya Arya (Kiper), gelandang Wahyudi, dan penyerang M. Widi Syarief. Pekan depan, para penggawa timnas akan diboyong ke Surabaya untuk melakoni laga kualifikasi Grup F menghadapi Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, 14-18 September mendatang. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Aji santoso Marselino ferdinan Liga 1 Timnas Indonesia U-19
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan