BolaSkor.com - Home sweet home, itulah kata-kata yang keluar dari mulut Achmad Jufriyanto setelah resmi kembali membela Persib Bandung untuk menghadapi Liga 1 2019. Jupe, panggilan Achmad Jufriyanto diumumkan Persib, Kamis (18/4).

Maklum, Persib bukan kali pertama dibelanya. Ini akan menjadi ketiga kalinya eks Kuala Lumpur FA itu membela Maung Bandung ini.

Awalnya ia masuk membela Persib pada musim 2014. Pemain yang akan mengenakan kembali nomor punggung 16 ini langsung memberikan trofi juara ISL. Ia juga berperan penting dalam raihan gelar juara Piala Presiden 2015.

Di musim 2016, pemain yang akrab disapa Jupe itu hengkang dari Persib membela Sriwijaya FC. Pemain asal Tangerang ini kembali ke Persib Bandung pada 2017.

Baca Juga:

Resmi Direkrut, Artur Gevorkyan Bicara soal Persib dan Ambisi di Liga 1

Achmad Jufriyanto dan Artur Gevorkyan Resmi Direkrut, Ini Penjelasan Manajemen Persib

Jupe kembali memutuskan hengkang dari Persib setelah tak masuk skema pelatih Mario Gomez pada musim 2018. Ia memilih menyebrang ke Malaysia, bergabung dengan Kuala Lumpur FA.

Jupe kembali lagi ke Persib setelah dipecat Kuala Lumpur FA. Dia di kontrak dengan durasi dua tahun atau hingga 2020 mendatang.

"Ya, saya semangat sekali dapat kembali ke Bandung. Ibaratnya seperti home sweet home karena sempat keluar dan masuk lagi," ungkap Jupe dalam press conference di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (18/4).

Selain itu, hubungan baik dengan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dan tim menjadi alasannya untuk berani kembali membela klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini.

"Saya mengutip satu pernyataan dari tulisan, tidak tahu dari mana. Main bola bisa di mana saja, tapi hati tetap di Persib. Tapi dalam hati saya kalau bisa balik lagi kenapa enggak," katanya

Dengan alasan ini, Jupe terpaksa menolak beberapa tawaran klub lain yang berkeinginan menggunakan jasanya. Seperti halnya Persija Jakarta hingga Bhayangkara FC yang terang-terangan ingin merekrutnya.

"Saya sudah berbicara dengan seluruh manajemen (PT PBB) termasuk pak Zaenuri, Pak Kuswara, semuanya. Kalaupun pun saya kembali ke Indonesia, Persib akan jadi prioritas saya karena hubungan emosional dengan Bandung itu sudah begitu dekatnya," tuturnya.

Menurutnya, saat bermain dengan Persib, kepercayaan dirinya tumbuh hingga mampu bermain dengan sepenuh hati. Apalagi di Persib masih banyak pemain yang berhubungan baik dengannya.

"Mungkin saya orang Jakarta, Tangerang, tapi sekarang orang Lembang. Tapi intinya karena hubungan emosional saya dengan Jabar, Bandung, dan semua yang ada di sini," pungkasnya. (Laporan Kontibutor Gigi Gaga/Bandung)