Persib Merupakan Ajax Indonesia bagi Nick Kuipers

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 03 Januari 2021
Persib Merupakan Ajax Indonesia bagi Nick Kuipers
Nick Kuipers. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Nick Kuipers melabeli Persib Bandung sebagai Ajax Amsterdam-nya Indonesia. Hal ini seperti disampaikan kepada media Belanda 1limburg.

Nick Kuipers menceritakan perjalanan kariernya di Indonesia. "Ini negara dengan budaya sepak bola yang luar biasa. Orang-orangnya memang hidup untuk olahraga. Tapi juga merupakan negara yang sibuk, di mana perbedaan populasi lebih besar dibanding di sini," kata Nick Kuipers.

Nick Kuipers awalnya tidak tahu tentang Persib. itu sebelum agennya memberikan opsi untuk bermain di Indonesia bersama Maung Bandung.

Baca Juga:

Kapten Persib Tanggapi Alih Profesi Pesepak Bola Indonesia

Pelatih Persib Bicara soal Bumi

Nick Kuipers tidak menyesali pilihan. Walau sebetulnya ia punya peluang untuk terus berkarier di Belanda, setelah sempat memperkuat MVV Maastricht, ADO Den Haag, dan FC Emmen.

"Banyak pemain yang kembali setelah berkarier beberapa lama di luar, tapi tidak bagi saya," tambahnya, yang juga tak mempersoalkan tak lengkapnya fasilitas, termasuk VAR.

Pengalaman buruk yang pernah dialami juga tak mendorongnya untuk meninggalkan sepak bola Indonesia. "Saya sudah mengalami beberapa kejadia, hal kotor, lemparan batu yang menembus jendela bus, stadion penuh, dan penerbangan untuk laga tandang."

Nick Kuipers menambahkan bahwa Persib tidak bisa dipandang sebelah mata dari ukuran tim. "Ini Ajax Indonesia. Mereka punya pendukung di seluruh negeri. Itu sangat istimewa."

Terkait kelanjutan kompetisi, bek 28 tahun itu memberi pandangan. "Lebih karena polisi khawatir para suporter tetap datang ke stadion yang ditutup, itu berisiko."

Nick Kuipers Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan