BolaSkor.com - Kabar merapatnya dua pemain Madura United ke Persija Jakarta benar adanya. Alberto 'Beto' Goncalves dan Jaimerson Xavier akan bergabung dengan tim ibu kota dengan status pinjaman.

"Iya benar. (Kami pinjam) dua pemain. Jaime sama Beto," ujar Chief Operating Officer (COO) Persija, Muhammad Rafil Perdana kepada BolaSkor.com.

Rafil menjelaskan, keduanya akan membela Persija di Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA). Setelah itu, Beto Goncalves dan Jaime bakal dipulangkan ke Madura United.

"Jaime dan Beto hanya untuk Liga Champions Asia (LCA) saja," tegas Rafil.

Beto Goncalves dan Jaime, kata Rafil, telah didaftarkan Persija ke AFC pada hari ini, Selasa (29/1). Padahal, pendaftaran pemain untuk LCA telah tutup pada 21 Januari lalu.

"(Sudah didaftarkan) hari ini. Lagi diusahakan (untuk bermain di LCA, tinggal tunggu persetujuan AFC)," imbuh Rafil.

Baca Juga:

Madura United Pinjamkan Beto Goncalves dan Jaimerson Xavier ke Persija Jakarta

Manajer Persija Jakarta Jelaskan Masalah Rezaldi Hehanussa

Persija Fokus Lewati Hadangan 757 Kepri Jaya Sebelum Pikirkan Kualifikasi LCA

Beto Goncalves
Aksi Beto Goncalves ketika Timnas Indonesia menghadapi Thailand. (AFFSuzukiCup.com)

Peminjaman ini karena Persija sedang krisis pemain, terutama bek tengah. Di mana tiga pemain asing barunya plus Ryuji Utomo tidak dapat bermain di Kualifikasi LCA. Ketiga pemain asing yang dimaksud adalah Vinicius Lopez (Neguete), Jakhongir Abdumuminov, dan Bruno Matos. Belum lagi, Rezaldi Hehanussa mengalami kambuhan cedera tumit.

Pasalnya, International Transfer Certificate (ITC) keempat pemain tersebut, sebagai syarat pendaftaran pemain, belum beres. Seperti diketahui, sesuai regulasi FIFA, klub bisa mendaftarkan pemain ke kompetisi setelah mengantongi ITC. ITC baru bisa diproses pada jendela bursa transfer. Hal ini berlaku untuk para pemain yang pindah klub antar negara.

Untuk kompetisi Liga 1 Indonesia, jendela transfer baru dapat dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2018. Namun, bursa transfer Liga 1 Indonesia belum bisa dibuka. PSSI pun telah gagal membujuk FIFA untuk membuka bursa transfer Liga 1 Indonesia hanya untuk Persija dan PSM Makassar (Piala AFC). Dua klub yang pasti mentas di kompetisi Asia.

Persija akan berkiprah di Kualifikasi LCA dalam waktu dekat. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu bakal menghadapi Home United pada babak pertama Preliminary Kualifikasi LCA di Stadion Jalan Besar, Singapura, 5 Februari 2019.