BolaSkor.com - Persik Kediri punya alasan tersendiri dibalik perombakan yang terjadi di posisi pelatih. Budi Sudarsono dipilih sebagai pelatih kepala menggantikan Joko Susilo yang kemudian digeser sebagai Direktur Teknik.

Di satu sisi, kebijakan tim yang berstatus promosi di Liga 1 musim 2020 itu seperti berjudi. Lantaran Budi Sudarsono dinilai minim pengalaman melatih, setelah sempat menjadi asisten Kas Hartadi kala membesut Kalteng Putra di Liga 2 musim 2017 lalu.

Namun, pihak klub memiliki keyakinan kuat dengan penunjukan itu. Meski dari segi jam terbang, striker yang dulunya dijuluki Si Piton itu kalah jauh dibanding Joko Susilo yang sudah berlisensi AFC Pro.

Baca Juga:

Budi Sudarsono Jadi Pelatih Kepala Persik, Joko Susilo Naik Pangkat

Wajah Baru Hiasi Susunan Direksi PSS Sleman

"Kami ingin ilmu kepelatihannya bisa diterapkan di tim ini. Kami membutuhkan sosok seperti coach Budi Sudarsono," ucap Presiden Persik Kediri, Abdul Hakim Bafagih dalam keterangan resminya, Kamis (13/8) semalam.

Secara regulasi, susunan staf pelatih Persik Kediri memang sudah terpenuhi. Pasal 31 menyebutkan, bahwa pelatih kepala sekurang-kurangnya mengantongi sertifikat AFC A, beserta asisten pelatih yang minimal bersertifikat AFC B.

Budi Sudarsono diketahui baru menyelesaikan rangkaian kursus kepelatihan AFC A. Johan Prasetyo yang berlisensi AFC B akan menjadi asisten pelatih bersama Alfiat, Dimas Agung sebagai pelatih fisik, serta Wahyudi dan Andreas pada posisi pelatih kiper. (Laporan Kontributor Kristian Joan)