Pertahanan Mulai Tangguh Jadi Modal Real Madrid Hadapi Atletico

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 27 September 2019
Pertahanan Mulai Tangguh Jadi Modal Real Madrid Hadapi Atletico
Zinedine Zidane (Twitter/realmadriden)

BolaSkor.com - Ada pemandangan berbeda dari statistik dalam dua laga terakhir Real Madrid. Di sana terpampang angka 0 dalam tembakan kena sasaran dari lawan.

Untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun, Real Madrid tidak menerima satu shots on target dalam dua laga berturut-turut. Terakhir kali Madrid mampu mengukir catatan serupa yaitu pada musim 2009-10. Ketika itu tak ada satu tembakan yang tepat mengarah gawang Madrid saat melawan Alcorcon di Copa del Rey dan versus Racing Santander di LaLiga.

Baca Juga:

Legenda Manchester United Nilai Eden Hazard Keliru Gabung Real Madrid

Timnas Brasil Diuntungkan Vinicius Jr. dan Rodrygo Bela Real Madrid

Amat terlihat usaha sang arsitek Zinedine Zidane membangun benteng kokoh di lini belakang mulai menuai hasil positif. Zidane memang mulai fokus membenahi barisan belakang usai dibekap 0-3 oleh Paris Saint-Germain di Paris.

Pembenahan dirasa perlu karena dengan kekalahan dari PSG, Real Madrid total sudah kebobolan selusin gol dalam enam laga. Kini dalam dua laga terakhir - melawan Sevilla dan Osasuna - jangankan gol, bola sepertinya menjauh dari gawang Madrid.

Mulai kokohnya pertahanan Madrid tidak melulu karena membaiknya barisan belakang mereka. Hal ini lebih disebabkan perubahan yang dilakukan Zidane di sektor tengah.

Saat melawan Sevilla dan Osasuna, Madrid mulai bermain lebih padat dengan Gareth Bale, James Rodriguez, dan Eden Hazard. Ketiga pemain ini di luar dugaan mampu berperan dalam membantu pertahanan. Tambahan tenaga dari Fede Valverde dan Eder Militao juga menambah soliditas Los Blancos. Selain itu, Madrid masih punya Toni Kroos, Ferland Mendy, Marco Asensio, Isco, dan Luka Modric.

Zidane tampaknya mulai menemukan formula dengan banyaknya stok pemain tengah yang dimilikinya.

"Saya pikir kami sudah lebih baik. Kami akan berusaha meneruskan cara ini. Ketika tidak mengusai bola, semua pemain peduli dan mundur membantu pertahanan," ujar Zidane seperti dilansir Marca.

Minggu (29/9) dini hari, Real Madrid akan menghadapi rival sekota, Atletico Madrid di Wanda Metropolitano. Bisa mempertahankan performa menjadi kunci bagi pasukan Zidane melawan lawan yang dikenal kompak dan alot.

Real Madrid Atletico Madrid LaLiga
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.108

Bagikan