Pesan Emosional Pelatih Jepang Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 06 Desember 2022
Pesan Emosional Pelatih Jepang Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022
Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan Timnas Jepang pada Piala Dunia 2022 harus terhenti pada babak 16 besar. Sang pelatih, Hajime Moriyasu merespons hasil ini dengan bijak.

Jerman gagal melaju lebih jauh usai disingkirkan Kroasia dalam laga di Al Janoub Stadium, Senin (5/12). Bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan, Samurai Biru akhirnya takluk lewat adu penalti dengan skor 1-3.

Jepang mengawali laga dengan percaya diri. Wakil Asia itu bahkan mampu unggul lebih dulu lewat gol Daizen Maeda pada menit ke-43.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Pelatih Jepang Kirim Peringatan kepada Kroasia

Piala Dunia 2022: Belut Berkhasiat dalam Sukses Timnas Jepang

Jepang 1-1 (1-3 Pen) Kroasia: Dominik Livakovic Redam Sensasi Samurai Biru

Namun Kroasia mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Ivan Perisic pada awal babak kedua. Setelah itu, duel kedua tim berlangsung sengit.

Pada babak adu penalti, Kroasia terlihat memiliki mental yang lebih baik. Dari empat eksekutor yang menjalani tugas, hanya satu yang gagal.

Sementara dari jumlah penendang yang sama, tiga eksekutor Jepang gagal menjalankan tugas. Tembakan Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida mampu dibaca dengan tepat oleh Dominik Livakovic.

Momen adu penalti tersebut seolah menjadi antiklimaks dari penampilan heroik Jepang sejak fase grup. Mereka memang lolos ke babak 16 besar dengan mengalahkan dua favorit juara, Spanyol dan Jerman.

Namun Moriyasu enggan menyesali penampilan buruk anak asuhnya di babak adu penalti. Ia lebih suka melihat ke depan.

"Para pemain kini bisa berpikir untuk bersaing melawan seluruh dunia dari level yang sama. Mereka menunjukkan kepada kami era baru masa depan sepakbola Jepang," kata Moriyasu usai pertandingan.

"Kami mengalahkan Jerman, kami mengalahkan Spanyol, kami mengalahkan dua mantan juara dunia. Jika kami berpikir untuk maju daripada stagnan, masa depan pasti akan berubah."

Dari Piala Dunia 2022, Jepang memang memberi bukti mampu bersaing dengan tim-tim besar lain. Padahal wakil Asia kerap dipandang sebelah mata sebelumnya.

Penampilan gemilang ini tentu akan membuat sepak bola Jepang terpacu untuk melakukan yang lebih baik lagi. Hal tersebut tentu menjadi salah satu harapan Moriyasu.

"Para pemain benar-benar melakukan yang terbaik. Kami tidak bisa menembus babak perempat-final, tapi saya pikir para pemain menunjukkan kepada kami era baru," tambahnya.

"Jika sepak bola Jepang terus ingin berada di panggung terbaik, saya yakin kami akan mampu mengatasi penghalang ini."

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Jepang Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan