Piala Dunia 2022: Carlos Queiroz Berpesan untuk Fans Iran Terkait Isu Internal Negara

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 November 2022
Piala Dunia 2022: Carlos Queiroz Berpesan untuk Fans Iran Terkait Isu Internal Negara
Mehdi Taremi pasca menjebol gawang Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Iran tak berdaya dan menunjukkan kualitas berbeda saat kalah 2-6 melawan timnas Inggris di laga pertama grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Senin (21/11) malam WIB.

Enam gol Inggris dilesakkan oleh Jude Bellingham (35'), Bukayo Saka (43' 62'), Raheem Sterling (45+1'), Marcus Rashford (71'), dan Jack Grealish (90') yang dibalas dua gol Mehdi Taremi (65', 90+13' penalti).

Inggris dominan dengan 79 persen penguasaan bola dengan catatan 13 tendangan (tujuh tepat sasaran). Kekalahan Iran itu sudah diprediksi tetapi situasi juga tidak mudah bagi Iran sebab fans juga 'memusuhi' mereka.

Seperti diketahui, terjadi demonstrasi besar dari anti rezim Pemerintahan Iran saat ini dan sudah berlangsung selama dua bulan terakhir. Itu terjadi setelah kematian Mahsa Amini ketika ditahan polisi karena tak mengenakan jilbab.

Baca Juga:

Inggris 6-2 Iran: Hujan Gol, The Three Lions dan Southgate Catat Sejarah

Piala Dunia 2022: Masih Bisa Naik Level, Kylian Mbappe Baru Capai Potensi 50 Persen

Bintang Laga Inggris Vs Iran: Bukayo Saka Keluar dari Mimpi Buruk

Beberapa fans Iran yang ada di Qatar juga menuturkan spanduk dengan bentuk dukungan untuk hak wanita di Iran. Bahkan para pemain juga dikritik warga Iran karena bertemu Presiden Ebrahim Raisi sebelum ke Piala Dunia.

Tak ayal pada laga melawan Inggris, selain mereka mendukung Iran tetapi fans juga menggunakan kesempatan untuk menyampaikan pesan politik. Banyak juga di antara mereka yang menyiuli lagu kebangsaan Iran saat diputar di awal laga.

Queiroz sadar akan hal tersebut dan coba mengurangi tekanan untuk timnya, khususnya dengan banyaknya pemain muda yang ada di dalam tim. Queiroz bahkan menyuruh fans untuk sebaiknya tetap di rumah - tak perlu datang ke Qatar.

"Semua orang tahu keadaan saat ini, lingkungan para pemain saya bukanlah lingkungan terbaik, dalam hal komitmen, konsentrasi, karena mereka terpengaruh oleh masalah itu," kata Queiroz seperti dilansir dari Metro.

"Mereka adalah manusia, mereka adalah anak-anak, saya mengenal mereka selama bertahun-tahun, mereka hanya memiliki satu mimpi, mengikuti legenda negara Iran, bermain untuk negara, bermain untuk rakyat, dan menikmati bermain untuk rakyat."

"Saya sangat bangga dengan mereka, cara mereka berdiri, terus berjuang, dan mencetak dua gol melawan Inggris dalam situasi seperti ini."

"Mereka melakukannya dengan baik, sangat bangga dengan apa yang mereka lakukan. Tapi tentu saja kalau mau satu contoh, tahun 2014 dan 2018, kami mendapat dukungan penuh dari fans."

"Sekarang, Anda melihat apa yang terjadi hari ini. Itu sebabnya saya mengundang para penggemar Iran yang belum ada di sini untuk mendukung tim, mereka harus tinggal di rumah."

"Mengapa mereka datang ke sini untuk tidak mendukung tim? Akan jauh lebih baik bagi mereka untuk tinggal di rumah. Kami tidak membutuhkan mereka. Itu adalah sesuatu yang dirasakan para pemain saat mereka tidak bermain."

"Anda tidak membayangkan, Anda bahkan tidak tahu, apa yang telah dialami anak-anak ini dalam beberapa hari terakhir," pungkas mantan asisten pelatih Manchester United tersebut.

Carlos Queiroz Iran Timnas iran Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan