BolaSkor.com - Wojciech Szczesny mampu menepis tendangan penalti Lionel Messi saat Polandia bertemu Argentina pada laga terakhir grup C Piala Dunia 2022. Momen itu nyatanya bukan sebuah kebetulan.

Dalam laga yang berlangsung di Stadium 974, Kamis (1/12) dini hari WIB, Argentina mampu mengalahkan Polandia dengan skor 2-0. Namun kedua tim akhirnya tetap melaju ke babak 16 besar.

Polandia sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan tempatnya di babak 16 besar. Hal itu membuat tim asuhan Czeslaw Michniewicz memilih tampil lebih bertahan.

Baca Juga:

Bintang Laga Polandia Vs Argentina: Alexis Mac Allister Meringankan Beban Tim Tango

Hasil dan Klasemen Akhir Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Juara Grup, Polandia Dinaungi Keberuntungan

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia Hari Ini: Laga Hidup Mati Jerman

Sebaliknya, Argentina tampil agresif untuk segera mencetak gol. Szczesny pun dibuat sibuk mengamankan gawangnya.

Keputusan kontroversial kemudian diberikan Danny Makkelie selaku wasit yang bertugas pada pengujung babak pertama. Ia menunjuk titik putih usai Szczesny dianggap melakukan pelanggaran terhadap Messi di kotak terlarang.

Namun Szczesny menebus kesalahannya tersebut dengan tuntas. Ia terbang ke arah yang tepat untuk menepis sepakan penalti Messi dan membuat gawang Polandia tetap perawan hingga babak pertama berakhir.

Szczesny berbagi cerita terkait momen tersebut. Ia mengaku sudah mempelajari kebiasaan Messi saat mengeksekusi penalti.

"Sekarang saya dapat mengatakan bahwa saya tahu arah Messi akan menembak. Namun pada momen itu saya tidak begitu yakin," kata Szczesny usai laga kepada TVP.

"Leo melihat ke arah kiper dalam beberapa penalti dan melakukan tembakan keras pada kesempatan yang lain."

Messi memang kerap mengubah teknik penaltinya. Pada laga perdana kontra Arab Saudi, Messi menunggu pergerakan kiper dan menembak bola dengan pelan ke arah berlawanan sesuai dengan pengamatan Szczesny.

Namun pada laga Polandia, Messi memilih menembak dengan keras dan mengabaikan gerakan kiper. Namun arahnya dengan teknik tersebut juga telah dipelajari Szczesny.

"Saya tahu bahwa jika dia akan menembak dengan keras, itu lebih sering diarahkan ke kiri saya. Saya melihat dia tidak berhenti (menunggu pergerakan kiper), jadi saya terbang dan menahannya," tambahnya.

"Saya senang karena penalti itu memberikan sesuatu pada akhirnya. Kepuasan yang sangat besar dan saya berutang kepada tim."

Polandia memang tetap kalah 0-2 dari Argentina. Namun kesuksesan Szczesny menahan penalti Messi membuat timnya terhindar dari kekalahan lebih telak.

Hal ini pada akhirnya membantu Polandia lolos ke babak 16 besar. Mereka unggul selisih gol dari Meksiko yang sama-sama mengemas empat poin.