BolaSkor.com - Tim Nasional Prancis menutup matchday pertama fase grup Piala Eropa 2020 dengan kemenangan. Les Blues mengalahkan Jerman dengan skor 1-0.

Dalam laga yang berlangsung di Allianz Arena, Rabu (16/6) dini hari WIB, kedua tim bertarung dengan sengit. Namun gol bunuh diri Mats Hummels pada menit ke-20 menjadi pembeda.

Jerman memang mampu mengimbangi permainan Prancis. Der Panzer bahkan unggul penguasaan bola.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Prancis 1-0 Jerman: Gol Bunuh Diri Menangkan Les Blues

Bintang Laga Prancis Vs Jerman: Paket Lengkap Paul Pogba

Piala Eropa 2020: Membandingkan Kemewahan Lini Depan Jerman dan Prancis

Namun secara efektivitas serangan, Prancis harus diakui sedikit lebih unggl. Jerman bahkan bisa kalah lebih telak andai gol Kylian Mbappe dan Karim Benzema tak dianulir wasit karena offside.

"Kami memainkan pertandingan hebat melawan lawan yang sangat bagus. Saya tahu para pemain saya akan siap dan kami siap untuk bertarung," kata pelatih Prancis, Didier Deschamps di situs resmi UEFA.

"Kami tidak jauh dari mencetak gol kedua yang akan membuat kami aman, tetapi kami tidak terlalu menderita di babak kedua. Ini adalah pertandingan yang kuat dengan kualitas dan bakat."

Pelatih Jerman, Joachim Low cukup menyesali hasil minor ini. Namun ia tetap memuji permainan anak asuhnya yang sudah tampil habis-habisan.

"Itu adalah pertandingan yang sangat intens dan kami berjuang sampai akhir. Saya tidak bisa menyalahkan tim saya karena tidak berusaha, mereka memberikan semua yang mereka miliki," kata Low.

Hasil ini membuat Prancis membuntuti Portugal di puncak klasemen grup F. Namun Jerman masih memiliki peluang yang cukup besar untuk melenggang ke babak 16 besar.

Sederet fakta menarik turut mengiringi kemenangan Prancis atas Jerman. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Prancis telah memenangkan laga pembuka Piala Eropa untuk keenam kalinya. Hanya Jerman yang membukukan kemenangan lebih banyak yaitu tujuh kali.

2. Gol bunuh diri Hummels merupakan yang ketiga di matchday pertama fase grup Piala Eropa 2020. Namun jumlah tersebut sudah menyamai total gol bunuh diri terbanyak dalam satu edisi turnamen termasuk pada 2016 silam.

3. Jerman menelan kekalahan secara beruntun di dua laga terakhirnya pada pada putaran final Piala Eropa. Menariknya, dua hasil minor tersebut diraih atas Prancis.

4. Kedua tim sama-sama hanya mampu melepaskan satu tembakan ke gawang dalam laga tadi. Jumlah tersebut merupakan yang terendah bagi Prancis di Piala Eropa sejak laga kontra Spanyol pada edisi 2012. Sementara terakhir kali Jerman hanya melepaskan satu tembakan ke arah gawang terjadi pada final edisi 2008 saat takluk dari Spanyol.

5. Mats Hummels menjadi pemain tertua kedua (32 tahun 181 hari) yang pernah mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa. Ia hanya kalah dari bek Irandia Utara, Gareth McAuley (usia 36 tahun 203 hari) yang melakukan hal serupa pada edisi 2016.

6. Manuel Neuer tampil sebagai starter untuk yang ke-100 kali bagi Timnas Jerman di semua kompetisi. Belum ada kiper lain yang mampu melakukan hal tersebut.

7. Jerman menjadi tim pertama yang melakoni laga ke-50 di putaran final Piala Eropa. Namun rekor apik ini harus ditandai dengan kekalahan.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini