BolaSkor.com - Tim Nasional Portugal menantang Hungaria pada laga perdana grup F Piala Eropa 2020. Kemenangan tentu menjadi harga mati bagi sang juara bertahan.

Hungaria akan bertindak sebagai tuan rumah dalam laga yang berlangsung di Ferenc Puskas Stadium, Selasa (15/6) pukul 23.00 WIB. Namun hal itu tak membuat tim asuhan Marco Rossi menjadi unggulan.

Di atas kertas, materi pemain Hungaria kalah jauh dengan Portugal. Sang calon lawan juga lebih berpengalaman tampil di putaran final Piala Eropa.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa 2020 Hari Ini: Prancis Vs Jerman dan Hungaria Vs Portugal Live RCTI

Prediksi Hungaria Vs Portugal: Jangan Sampai Kalah Gengsi

Morata Dituding Jadi Penyebab Spanyol Gagal Menang, Enrique Pasang Badan

Hungaria vs Portugal (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Namun bukan berarti peluang Hungaria untuk membuat kejutan sudah tertutup. Peter Gulacsi dan kawan-kawan berpotensi menjadi salah satu kuda hitam di Piala Eropa 2020.

Hungaria pasti akan tampil tanpa beban karena tidak diunggulkan. Dukungan suporter di stadion juga membuat motivasi mereka berlipat ganda.

“Motivasi bukan masalah sekarang. Jika seseorang tidak termotivasi oleh semua ini, mereka berada di olahraga yang salah," kata Marco Rossi di situs resmi UEFA.

Portugal sendiri tak mau menganggap remeh Hungaria. Fernando Santos selaku pelatih mewaspadai rekor mentereng sang calon lawan saat bermain di kandangnya.

"Saya tahu bahwa kami harus berada dalam kondisi terbaik untuk menang. Saya tidak akan menunggu mereka bermain dengan serangan balik dan berharap mereka bermain di seluruh lapangan, membangun dari belakang," kata Fernando Santos.

Sebelum menyaksikan duel Hungaria kontra Portugal, ada baiknya mengetahui fakta-fakta menarik tentang kedua tim. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Ini merupakan pertemuan ketiga antara Hungaria dan Portugal di turnamen besar setelah Piala Dunia 1966 dan Piala Eropa 2016. Dua laga sebelumnya telah menghasilkan 10 gol (3-1 untuk Portugal pada 1966, 3-3 pada 2016).

2. Portugal tidak pernah kalah melawan Hungaria (menang sembilan kali dan imbang empat kali).

3. Hungaria untuk pertama kali lolos ke Piala Eropa dua edisi berturut-turut (2016 dan 2020). Sebelumnya, mereka baru dua kali berpartisipasi yaitu pada edisi 1964 dan 1972.

4. Hungaria tak terkalahkan di fase grup pada Piala Eropa 2016 (satu kali menang dan dua kali imbang). Namun mereka total hanya menang dua kali dari delapan pertandingan di sepanjang sejarah kompetisi ini.

5. Hungaria total sudah mencetak 11 gol sepanjang sejarah berlaga di putaran final Piala Eropa. Dua gol tercipta di babak pertama, tujuh gol di babak kedua, dan dua lainnya tercipta pada perpanjangan waktu.

6. Willi Orban merupakan pencetak gol terbanyak Hungaria di babak kualifikasi dengan tiga gol. Ia merupakan seorang bek dan ketiga golnya berasal dari bola mati.

7. Portugal akan berusaha menjadi tim kedua yang memenangkan gelar berturut-turut setelah Spanyol (2008, 2012).

8. Portugal adalah satu-satunya tim yang selalu lolos ke fase gugur pada enam edisi terakhir Piala Eropa.

9. Tidak termasuk adu penalti, Portugal tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir mereka di Piala Eropa, dengan dua kekalahan terakhir mereka di kompetisi terjadi pada laga kontra Jerman (2008 dan 2012).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini