BolaSkor.com - Sebanyak 12 negara sudah memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kini tersisa empat tiket lagi yang masih diperebutkan delapan tim.

Seperti diketahui, juara dan runner up grup lolos otomatis ke babak 16 besar. Sementara tiket yang tersisa akan diberikan kepada empat peringkat ketiga terbaik dari 6 grup.

Sejauh ini, sudah ada empat juara dan runner grup yang posisinya tak mungkin tergeser. Mereka adalah Italia dan Wales (grup A), Belgia dan Denmark (grup B), Belanda dan Austria (grup C), serta Inggris dan Kroasia (grup C).

Baca Juga:

Prediksi Jerman Vs Hungaria: Menang Harga Mati

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa Hari Ini: Portugal Vs Prancis Disiarkan RCTI

Akan Hadapi Prancis, Portugal, atau Jerman di 16 Besar, Inggris Tak Ciut Nyali

Timnas Spanyol harus menang demi mengamankan satu tiket ke babak 16 besar.

Sementara baru dua tim yang dipastikan tak akan tergeser dari empat peringkat ketiga terbaik. Keduanya adalah Swiss dan Republik Ceko yang sama-sama mengemas empat poin.

Swedia dan Prancis yang baru bermain dua laga juga dipastikan lolos ke babak 16 besar karena sudah mengemas empat poin. Mereka paling buruk akan menempati dua slot peringkat ketiga terbaik yang tersisa.

Juara dan runner up grup E-F memang baru akan ditentukan pada laga terakhir, Rabu (23/6) dan Kamis (24/6) dini hari WIB. Hasil pertandingan dari dua grup tersebut juga bisa menimbulkan pergeseran di daftar peringkat ketiga terbaik.

Spanyol bisa dibilang menjadi salah satu tim yang dalam posisi terjepit. Raihan dua poin yang baru dikumpulkan membuat tim asuhan Luis Enrique harus mengalahkan Slovakia pada laga terakhir.

Hasil imbang akan membuat Spanyol dipastikan tersingkir secara dini. Masalahnya, La Furia Roja belum pernah menang dari dua laga perdana.

Kondisi serupa juga dialami Portugal di grup F. Sang juara bertahan minimal harus meraih satu poin pada laga terakhir untuk menjaga peluang mempertahankan gelarnya.

Masalahnya, Portugal akan berhadapan dengan Prancis pada laga terakhir. Les Bleus tentu tidak mau membuang kesempatan menyingkirkan salah satu pesaingnya lebih dini.

Laga ini juga bisa menjadi ajang pembalasan bagi Prancis yang takluk dari Portugal pada laga final edisi 2016. Kemenangan juga akan membuat Paul Pogba dan kawan-kawan merebut juara grup dan terhindar dari pertemuan dengan Inggris di babak 16 besar.

Dalam pertandingan yang sama di grup F, Jerman minimal juga harus menahan imbang Hungaria untuk lolos ke babak 16 besar. Duel kedua tim berpotensi menghadirkan kejutan.

Andai Jerman kalah, maka Hungaria yang akan lolos ke babak 16 besar. Hal itu bukan yang mustahil jika melihat performa Peter Gulacsi dan kawan-kawan di dua laga awal.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini