BolaSkor.com - Timnas Inggris U-21 mengawali laga penyisihan grup C Piala Eropa U-21 dengan kekalahan saat melawan Prancis U-21 di Stadio Dino Manuzzi, Selasa (19/6) dini hari WIB. Kekalahan Inggris terjadi karena gol bunuh diri Aaron Wan-Bissaka.

Inggris asuhan Aidy Boothroyd sempat unggul di menit 54 melalui gol yang diciptakan pemain Manchester City, Phil Foden. Tapi, situasi berubah ketika Inggris bermain dengan 10 pemain ketika Hamza Choudhury, gelandang Leicester City, diusir wasit di menit 63.

Prancis pun memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka dan meningkatkan intensitas serangan. Nanitamo Ikone mencetak gol di menit 89 dan menjelang laga berakhir, Wan-Bissaka mencetak gol bunuh diri di menit 90+5.

Kekalahaan yang sangat menyakitkan untuk Inggris U-21 yang memiliki ambisi juara tahun ini. Bahkan, mereka bisa kalah dengan skor 1-3 apabila Dean Henderson, kiper Inggris, tidak menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti Moussa Dembele di menit 25.

Baca Juga:

Piala Eropa U-21: Tuan Rumah Lumat Spanyol dengan Skor Telak

Usai Boyong Daniel James, Manchester United Ajukan Penawaran ke Aaron Wan-Bissaka

8 Bintang Muda yang Dapat Menyita Perhatian Publik di Piala Eropa U-21 2019

Phil Foden

"Pengusiran (Choudhury) jelas mengubah pertandingan, dia sangat terpukul. Tidak ada niatan melakukannya dengan sengaja, tapi itu hanya antusiasme-nya memblok bola (saat melawan Jonathan Bamba)," tutur Boothroyd pasca laga berakhir.

"Bamba dilarikan ke rumah sakit. Kami harap tidak ada yang patah (cedera parah)," timpal Sylvain Ripoll, pelatih timnas Prancis U-21

Keputusan taktik Boothroyd kala memainkan dua penyerang di babak kedua, ketika tim sudah unggul 1-0 dan bermain dengan 10 pemain, memang dikritisi oleh banyak warganet (fans Inggris) di media sosial.

"Saya melihat banyak keputusan mengejutkan dari manajer selama bertahun-tahun, tapi Aidy Boothroyd memasukkan dua striker untuk 15 menit terakhir, kala timnya tertinggal 10 pemain mungkin jadi keputusan terburuk," tutur pengguna Twitter @JakeSanders92.

Pada laga berikutnya, Inggris akan melawan Rumania di Stadio Dino Manuzzi, Jumat (21/6) pukul 23.30 WIB. Inggris wajib memenangi laga itu jika ingin menjaga asa ke fase berikutnya:

Hasil lengkap pertandingan terbaru grup Piala Eropa U-21:

Rumania 4-1 Kroasia
Inggris 1-2 Prancis