BolaSkor.com - Usai sudah gelaran Piala Presiden 2019 setelah pada pertandingan final Leg kedua, Arema FC berhasil menobatkan diri menjadi juara, ketika mereka berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Jumat (12/4).

Banyak kejadian yang menarik selama gelaran Piala Presiden 2019 kali ini. Bakan tidak disangka-sangka, peraih penghargaan dalam gelaran Piala Presiden 2019 penuh kejutan salah satunya ialah pemain tarbaik yang didapatkan oleh bek veteran Arema FC, Hamka Hamzah.

Hamka Hamzah memang menunjukan performa yang sangat dominan dalam gelaran Piala Presiden 2019 ini. Umur pun tidak jadi halanganya untuk bisa menampilkan performa yang apik, bahkan duetnya bersama Arthur Cunha, menjadikan lini belakang Arema FC menjadi salah satu yang terkokoh pada Piala Presiden kali ini.

Tidak hanya itu saja, kepemimpinannya pun benar-benar luar biasa. Meskipun ia sering berpindah klub namun ia bisa membuat para pemain muda bisa patuh kepadanya. Hal ini lah yang mungkin jadi pertimbangan tim Technical Study Group (TSG) memilihnya menjadi pemain terabik.

"Alhamdulillah bisa jadi juara, terima kasih buat aremania dan aremanita. Suporter beri kritik dan kami bisa memberi jawaban dengan gelar juara ini. Terima kasih kepada coach milo yang selalu beri kepercayaan, di tengah usia saya yang sudah 35 tahun. Soal pemain terbaik usia saya sudah tidak muda lagi, tapi alhamdulillah, semoga ini menjadi contoh buat para pemain muda," kata Hamka.

Baca Juga

Piala Presiden 2019: Arema FC Juara Usai Kalahkan Persebaya 2-0

Build Trust in Society, Nilai Tersembunyi Piala Presiden untuk Kemajuan Bersama

Selain pemain terbaik, gelar pencetak gol terbanyak pun jadi sorotan. Bagaimana tidak, hingga babak final, persaingan dalam mencetak gol ini semakin memanas. Memang tidak bisa manyamai pencetak gol sebelumnya Marko Simic yang mencetak 11 gol, tapi Bruno Matos, Manuchehr Jalilov dan Riky Kayame berhasil memperlihatkan persiangan yang luar biasa dalam perebutan pencetak gol terbanyak ini.

Pemain muda terbaik pun berhasil jadi sorotan. Lagi, pemain dari Persebaya Surabaya yang mendapatkan gelar ini, ya Irfan Jaya berhasil menjadi pemain terabik, setelah sebelumnya Osvaldo Haay yang mendapatkan gelar yang sama namun pada gelaran Liga 1 2019.

Sementara, sang juara bertahan Persija Jakarta berhasil mendapatkan tim fair play pada gelaran Piala Indonesia 2019. Bahkan suporter Persija Jakarta, The Jakmania, berhasil menjadi suporter terbaik. Dua gelar ini bisa menghapus kekecewaan Persija Jakarta yang hanya berhasil sampai babak perempat final saja.

Berikut Daftar Penerima Penghargaan Individu Piala Presiden 2019:

Pemain Terbaik: Hamka Hamzah (Arema FC)
Pemain Muda Terbaik: Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)
Top Skorer Manuchekhr Dzhalilov (Persebaya Surabaya) dan Ricky Kayame (Arema FC) (5 Gol)
Tim Fair Play: Persija Jakarta
Wasit Terbaik: Nusur Fadilah
Suporter Terbaik: The Jakmania