BolaSkor.com - Duel menarik akan tersaji pada lagab terakhir grup 2 League A UEFA Nations League 2022-2023. Portugal dan Spanyol harus saling bunuh untuk mengamankan tiket ke semifinal.

Duel kedua tim akan berlangsung di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9) pukul 01.45 WIB. Pemenang pertandingan ini dipastikan menjadi juara grup dan melaju ke semifinal.

Portugal sedikit berada di atas angin karena bermain di kandang sendiri. Tim asuhan Fernando Santos itu sejatinya juga hanya butuh hasil imbang karena tengah unggul dua poin dari Spanyol.

Baca Juga:

Diimbangi Jerman, Gareth Southgate Rasakan Perubahan Mentalitas Timnas Inggris

UEFA Nations League: Italia Tembus Semifinal, Revolusi Roberto Mancini Mulai Terlihat

Hasil UEFA Nations League: Inggris Diimbangi Jerman, Italia Lolos ke Semifinal

Namun Santos tak mau kondisi ini membuat tim asuhannya tampil dengan hati=hati. Ia menginstruksikan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk fokus meraih poin penuh.

"Kami hanya harus fokus pada kemenangan daripada mencapai final four. Saya ingin para pemain menghadapi Spanyol berdasarkan kemampuan mereka, seperti yang mereka lakukan pada semua lawan," kata Santos di situs resmi UEFA.

"Lakukan itu dan kami akan selalu lebih dekat untuk mencapai tempat yang kami ingin tuju."

Pada empat pertemuan terakhir, duel kedua tim selalu berakhir imbang. Namun secara head to head, Spanyol lebih unggul dengan 18 kemenangan berbanding 6 kemenangan milik Portugal.

Di sisi lain, Spanyol memilih bermain tanpa beban. Luis Enrique selaku pelatih tidak ragu menyebut Portugal berada di level yang lebih baik saat ini.

“Kami selalu mengatakan Portugal adalah tim yang sangat berbakat dengan fisik yang luar biasa. Mereka telah mencapai hal-hal yang sangat penting, dan evolusi tim biasanya diukur dengan apa yang mereka menangkan," kata Enrique.

"Seperti Spanyol, mereka adalah tim nasional yang bekerja sangat baik di kategori di bawah umur. Mereka adalah tim yang lebih mapan daripada kami.”

Meski merendah, bukan berarti Spanyol akan bermain seadanya dalam pertandingan ini. Enrique sudah punya rencana khusus untuk membungkam Portugal di kandangnya.

Enrique ingin menjadikan laga ini sebagai persiapan akhir jelang berlaga di Piala Dunia 2022. Ia pasti akan menurunkan kekuatan penuh untuk mengukur kesiapan timnya.

“Ini 90 menit dan kami harus menang karena hasil imbang pun tidak akan berhasil. Ini layaknya final dan merupakan hal yang bagus," tegasnya.