Potensi Kerugian Arema FC Mencapai Rp5 Miliar jika Liga 1 Tanpa Penonton

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 20 Juni 2020
Potensi Kerugian Arema FC Mencapai Rp5 Miliar jika Liga 1 Tanpa Penonton
Arema FC Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Arema FC sudah mulai memperhitungkan secara teknis, terkait besaran potensi kerugian yang akan dialami. Terutama jika kompetisi Liga 1 musim 2020 dilanjutkan tanpa kehadiran penonton untuk seluruh pertandingan.

Padahal, penjualan tiket pertandingan menjadi salah satu sumber pemasukan tim Singo Edan selama ini. Selain itu, pos pemasukan klub berasal dari Hak Komersil alias subsidi kompetisi beserta kerja sama dengan pihak sponsor.

"Pendapatan bersih kami musim (2019) lalu mencapai 5 miliar rupiah, atau 50 persen dari pendapatan kotor (Rp10 miliar). Ya, potensi kerugiannya mungkin mencapai jumlah itu," ujar Abdul Haris.

Baca Juga:

Regulasi dan Tanggal Kick Off Liga 1 serta Liga 2 Masih Jadi Pembahasan PSSI bersama PT LIB

PSSI Pastikan Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan

"Tapi itu masih hitungan kasar atau secara garis besarnya saja. Kami belum merincinya, karena Liga 1 juga belum diputuskan dengan atau tanpa penonton," imbuh Ketua Panpel Arema FC tersebut.

Meski begitu, pihaknya tetap akan patuh terhadap keputusan akhir dari PSSI nantinya. Apakah kelanjutan Liga 1 diputuskan tanpa penonton, atau tetap dengan keberadaan suporter meski diiringi penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Prinsipnya, kami sudah siap. Terhadap protokol kesehatan dan hal lainnya, kami sifatnya tinggal menyesuaikan saja," tandas Abdul Haris.

Pada Liga 1 musim ini, Arema FC baru menggelar satu pertandingan kandang yaitu saat menjamu Persib Bandung pada Minggu (8/3) lalu. Sehingga, masih ada 16 pertandingan lagi yang akan digelar di Stadion Kanjuruhan Malang. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan