BolaSkor.com - Barcelona akan menantang Athletic Bilbao pada pertandingan final Copa del Rey 2020-2021, di Estadio de La Cartuja, Minggu (18/4) dini hari WIB. Lionel Messi memiliki catatan apik ketika melawan Bilbao.

Laga kali ini merupakan kesempatan bagi Barcelona untuk balas dendam. Alasannya, Athletic Bilbao menghadirkan kekalahan pada laga Piala Super Spanyol. Barca tunduk dengan skor tips 3-2.

Barcelona bisa berharap banyak kepada Lionel Messi. Sebab, La Pulga gemar mencetak gol ketika melawan Bilbao.

Sejak menembus tim senior, Messi tiga kali menghadapi Bilbao di laga final Copa del Rey. Hasilnya, Messi mencetak empat gol dan satu assist. Satu di antaranya adalah pada pertemuan di final terakhir pada edisi 2015.

Baca Juga:

8 Pemain Tersisa dari Final Copa del Rey 2015

3 Duel Seru Barcelona Vs Athletic Bilbao di Final Copa del Rey

Kenangan Final Copa del Rey 2012, Barcelona Bermain bak Monster

Final Copa del RRey

Bahkan, bila pandangan diperluas, sang megabintang mencetak 26 gol plus tujuh assist dalam 40 pertandingan kontra Bilbao di berbagai ajang.

Kabar Tim

Dalam daftar pemain yang dirilis Barcelona, terdapat kejutan dengan masuknya Neto dan Ansu Fati. Meskipun, kedua pemain itu masih mengalami cedera. Satu-satunya pemain yang absen dari skuad Barca adalah Philippe Coutinho.

Sementara itu, Lionel Messi, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Pedri, dan Gerard Pique siap tempur. Komposisi skuad yang nyaris penuh membuat Ronald Koeman memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan.

Sementara itu, satu-satunya pemain Bilbao yang tidak bisa bermain adalah Peru Nolaskoain. Adapun, Yuri dan Yeray sudah kembali berlatih pada pekan ini.

Berdasarkan informasi yang beredar, Barcelona akan bermain dengan sistem 4-3-3. Sementara itu, Los Leones akan menggunakan taktik 4-4-2.

Athletic Bilbao

Komentar

Pelatih Bilbao, Marcelino, sadar Barcelona diunggulkan meraih gelar. Namun, ia tidak akan mengibarkan bendera putih begitu saja.

"Kami tahu akan menderita. Sebab, Anda tidak bisa mengalahkan Barcelona tanpa menderita. Bahkan, klub paling kuat pun tahu itu," ujar Marcelino seperti dinukil AS.

"Barcelona menjadi favorit melawan tim LaLiga mana pun. Namun, yang favorit tidak selalu menang, melainkan pemain yang tampil dengan baik sepanjang laga dan memanfaatkan peluang."

Sementara itu, Ronald Koeman berharap para pemainnya belajar dari kekalahan pada Piala Super Spanyol. Menurut Koeman, tampil di laga final akan memperkaya sang pemain dengan pengalaman.

"Kami membutuhkan semua orang untuk bermain bagus pada laga besok. Ada beberapa yang punya pengalaman. Mereka bermain di banyak final dan memenanginya. Mereka harus membantu para pemain muda," tegas Koeman seperti dikabarkan Marca.

"Mereka perlu belajar dari Piala Super Spanyol dan mendapatkan pengalaman bermain di final, baik menang atau kalah. Begitulah cara Anda menjadi dewasa sebagai pemain. Itu yang paling penting."

Head to head

01-02-2021 Barcelona 2-1 Bilbao (LaLiga)
18-01-2021 Barcelona 2-3 Bilbao (Piala Super Spanyol)
07-01-2021 Bilbao 2-3 Barcelona (LaLiga)
24-06-2020 Barcelona 1-0 Bilbao (LaLiga)
07-02-2020 Bilbao 1-0 Barcelona (Copa del Rey)

Prakiraan susunan pemain:

Athletic Bilbao (4-4-2): Unai Simon; Yuri Berchiche, Inigo Martinez, Yeray Alvarez, Oscar De Marcos; Iker Muniain, Unai Vencedor, Dani Garcia, Alex Berenguer; Raul Garcia, Inaki Williams.

Pelatih: Marcelino.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Oscar Mingueza; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele, Lionel Messi, Antoine Griezmann.

Pelatih: Ronald Koeman.

Prediksi BolaSkor

Athletic Bilbao 1-3 Barcelona