BolaSkor.com - Babak 16 besar akan menyajikan pertemuan Timnas Jepang dengan Kroasia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Senin (5/12) malam WIB. Jepang tampil di babak knockout setelah menjadi juara Grup E, sedangkan Kroasia merupakan runner-up Grup F.

Timnas Jepang tampil mengesankan serta mengejutkan di babak grup. Kecuali kekalahan tipis 0-1 dari Kosta Rika, Samurai Biru mencatatkan kemenangan atas lawan yang di atas kertas lebih diunggulkan.

Ya, Timnas Jepang mengalahkan Jerman di laga pertama serta Spanyol di partai ketiga. Dua pertandingan tersebut diakhiri dengan kemenangan 2-1.

Sementara itu, Kroasia mencatatkan satu kemenangan dan dua hasil seri di tahap awal. Kroasia membuka kiprah dengan hasil imbang 0-0 kontra Maroko sebelum menang 4-1 atas Kanada. Hasil seri 0-0 melawan Belgia cukup bagi Vatreni melangkah maju.

Timnas Jepang mengalahkan Spanyol dan menjadi juara grup. (Twitter Timnas Spanyol)

Baca Juga:

Inggris 3-0 Senegal: The Three Lions Tantang Prancis di Perempat Final

Prancis 3-1 Polandia: Kylian Mbappe Gendong Les Bleus ke Perempat Final

Timnas Jepang bukan tidak mungkin akan mengejutkan sekali lagi. Namun Jepang butuh kerja dan semangat super ekstra karena Kroasia telah membuktikan tidak mudah dikalahkan.

Sejak kalah 0-3 dari Austria pada Juni 2022, Kroasia tak pernah merasakan kekalahan dalam sembilan laga terakhir.

Jika menang, Jepang untuk pertama kali lolos dari babak 16 besar. Jepang gagal melangkah dari 16 besar di edisi 2002, 2010, dan 2018.

Kondisi Tim

Timnas Jepang akan kehilangan bek Ko Itakura. Pemain Borussia Monchengladbach diskors karena akumulasi kartu kuning.

Sementara Wataru Endo kemungkinan bisa dimainkan sebagai pemain pengganti.

Bek kanan Hiroki Sakai juga bergabung kembali dalam pelatihan, tetapi Takefusa Kubo diragukan lagi karena persoalan otot seperti dilaporkan SportsMole.

Adapun Timnas Kroasia tidak memiliki kekhawatiran akan absennya pemain karena cedera. Skuat sepenuhnya fit.

Komentar

Bek veteran Yuto Nagatomo berharap rekan setim kembali memunjukkan semangat samurai dan keberanian. Itu faktor penting agar Timnas Jepang bisa menumbangkan Kroasia.

"Taktik penting. Tetapi tidak penting seberapa besar kami sudah meningkatkannya. Jika kami takut di lapangan maka hal-hal itu tidak berguna."

"Sebelum (samurai) berperang, mereka memoles senjata dan mencoba meningkatkan teknik, tetapi jika mereka takut selama pertempuran, mereka tidak akan dapat menggunakan senjata itu dengan benar. Itu sama dalam sepak bola."

"Agar kami dapat memaksimalkan semua taktik yang telah kami diskusikan dan latih, syarat pertama adalah memiliki keberanian. Jadi, kami sangat ingin menunjukkan betapa beraninya kami," katanya dikutip dari Kyodo News.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic. (HNS)

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic memasang kewaspadaan. Ia menyebut bahwa Timnas Jepang sudah memberi bukti tak bisa diremehkan.

"Kami menghormati lawan yang mengalahkan juara dunia Spanyol dan Jerman. Setelah tertinggal di babak pertama, mereka menunjukkan mentalitas dan karakternya, kualitasnya. Jepang ingin membuktikan diri, mereka yang terbaik dalam menekan dan transisi, meski tidak "tidak menguasai bola."

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Mimpi Buruk Tombak Kembar Inter Milan

Piala Dunia 2022: Timnas Spanyol Tak Alergi Adu Penalti

"Serangan balik diakhiri dengan lima pemain, dan Spanyol dan Jerman dihukum karena kelemahan mereka, kami harus merebut kembali penguasaan bola segera setelah kehilangan bola atau membuat terobosan."

"Saya memberi tahu para pemain bahwa kami tidak boleh meremehkan siapa pun, itu adalah hak mereka untuk memulai seperti samurai, dan kami tidak akan membuat diri kami lebih buruk. Kami harus memainkan permainan kami, memberikan yang terbaik, dan kemudian lapangan akan menunjukkan siapa yang lebih baik," jelasnya dikutip dari laman Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS).

Prakiraan Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Shogo Taniguchi, Maya Yoshida; Hiroki Ito; Hidemasa Morita, Ao Tanaka, Yuto Nagatomo; Ritsu Doan, Daizen Maeda, Daichi Kamada

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Andrej Kramaric, Marko Livaja, Ivan Perisic

Head to Head (3 Pertemuan)

18 Juni 2006: Jepang 0-0 Kroasia (Piala Dunia)

20 Juni 1998: Jepang 0-1 Kroasia (Piala Dunia)

8 Juni 1997: Jepang 4-3 Kroasia (Piala Kirin)

Prediksi BolaSkor

Jepang 1-0 Kroasia