BolaSkor.com - Juara bertahan Premier League, Manchester City, memiliki kesempatan untuk memangkas jarak dengan Arsenal untuk sementara waktu dalam perburuan titel liga. Pasalnya mereka akan memainkan laga tunda lawan Tottenham Hotspur.

The Citizens akan memainkan laga tunda pekan tujuh Premier League lawan Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Jumat (20/01) pukul 03.00 dini hari WIB. Kedua tim sama-sama ingin bangkit usai menelan kekalahan melawan rival sekota.

Man City kalah 1-2 lawan Man United dan Tottenham dipermalukan dengan skor 0-2 lawan Arsenal. Keduanya juga punya misi tambahan masing-masing untuk bangkit: Man City masih berburu titel Premier League, sementara Tottenham mengejar empat besar.

Baca Juga:

Tottenham Hotspur 0-2 Arsenal: The Gunners Perlebar Jarak Menjadi Delapan Poin

Undian Babak Keempat Piala FA: Arsenal Ditunggu Manchester City

Gary Neville: Arsenal Gagal Juara, Duo Manchester Posisi Pertama dan Kedua

Tak ayal kekalahan bukan opsi bagi kedua tim. Jika Man City kalah mereka akan semakin sulit mengejar Arsenal yang kini berjarak delapan poin. Pun demikian Tottenham yang saat ini di urutan lima dengan jarak lima poin dengan Man United di peringkat empat.

Kabar Tim

Pasca bermain melawan Man United, kondisi gelandang serang Man City Kevin De Bruyne diragukan bermain. Namun opsi baginya bermain belum tertutup sepenuhnya. Kabar baiknya dua bek Man City, Ruben Dias dan John Stones sudah pulih dari cedera.

Dari Tottenham kondisi gelandang asal Uruguay, Rodrigo Bentancur, diragukan bermain. Selain itu juga penyerang sayap asal Brasil Lucas Moura absen karena cedera. Terlepas dari absennya kedua pemain itu, Tottenham cukup punya kekuatan untuk meladeni Man City.

Komentar

Pep Guardiola, dengan pengalaman segudangnya memenangi trofi, menekankan kepada timnya untuk tidak terlalu memikirkan jarak dengan Arsenal. Menurutnya Man City hanya harus fokus pada laga terdekat.

"Tekanan adalah pertandingan berikutnya. Kami tidak bisa memikirkan ekspektasi besar selain memenangkan pertandingan berikutnya," tegas Guardiola.

"Jika (Arsenal) unggul delapan poin, itu karena mereka pantas berada di sana. Mereka lebih baik dari kami sejauh ini tetapi masih ada banyak pertandingan untuk dimainkan - begitulah cara kami kembali."

"Selalu ketika kami berada di belakang, saya katakan jangan memikirkannya. Kami mengejar Liverpool dalam beberapa tahun terakhir."

"Pikirkan saja pertandingan berikutnya dan setelah itu kita lihat apa yang terjadi. Kami telah berada di posisi ini berkali-kali di masa lalu. Ini bukan pertama kalinya kami berada di sana," tegas Guardiola.

Tottenham arahan Antonio Conte punya catatan bagus melawan Man City. Conte pun menuturkan pendekatan yang dilakukan kala menghadapi Man City yang sudah pasti memiliki penguasaan bola atas lawan-lawannya.

"Saya ingat pertandingan itu dan untuk menang melawan Manchester City, Anda harus berusaha untuk tidak membuat kesalahan. Karena Anda tahu pasti, saat Anda bermain melawan Manchester City, penguasaan bola akan menjadi 70 hingga 75 persen untuk mereka," papar Conte.

"Kemudian Anda memiliki 20 atau 25 persen penguasaan bola jadi pada periode ini Anda harus sangat bagus, menggerakkan bola dengan baik dan menciptakan peluang untuk mencetak gol."

"Anda tahu ketika Anda bermain melawan tim yang saya pikir tim terbaik di dunia saat ini akan sangat sulit. Musim lalu kami sangat bagus, menunjukkan ketahanan yang luar biasa. Selain itu dalam jenis permainan ini, Anda juga harus sedikit beruntung untuk mendapatkan hasil yang bagus."

Statistik

1. Man City telah kalah empat kali dari lima laga terakhir Premier League lawan Tottenham (sekali menang).

2. Tottenham menang kandang dan tandang lawan Man City di Premier League musim lalu, menambah 67 persen total kekalahan Man City di liga.

3. Tottenham memenangi empat dari sembilan laga tandang di liga melawan juara bertahan Premier League (dua kali imbang dan tiga kali kalah).

4. Man City gagal menang di dua laga kandang Premier League (sekali imbang dan sekali kalah). Terakhir mereka melaju tiga laga tanpa kemenangan kandang di liga pada Desember 2016 (empat kali beruntun).

Head to Head

Man City 2-3 Tottenham (Premier League 2022)
Tottenham 1-0 Man City (Premier League 2021)
Man City 1-0 Tottenham (Piala Liga 2021)
Man City 3-0 Tottenham (Premier League 2021)
Tottenham 2-0 Man City (Premier League 2020)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Nathan Ake, Manuel Akanji, John Stones, Rico Lewis; Ilkay Gundogan, Rodri, Kevin De Bruyne; Jack Grealish, Erling Haaland, Riyad Mahrez

Manajer: Pep Guardiola

Tottenham Hotspur (3-4-2-1): Hugo Lloris; Ben Davies, Eric Dier, Cristian Romero; Ivan Perisic, Rodrigo Bentancur, Pierre-Emile Hojbjerg, Matt Doherty; Son Heung-min, Dejan Kulusevski; Harry Kane

Manajer: Antonio Conte

Prediksi BolaSkor: Man City 50-50 Tottenham