Premier League Dinodai Banyak Aksi Diving, Legenda Liverpool Justru Salahkan Wasit

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 03 November 2020
Premier League Dinodai Banyak Aksi Diving, Legenda Liverpool Justru Salahkan Wasit
Wasit Premier League berada dalam sorotan. (Twitter)

BolaSkor.com - Citra Premier League sebagai salah satu kompetisi paling ketat di Eropa tercoreng dengan aksi diving sejumlah pemain demi mencari hadiah penalti. Kemunculan 'aktor-aktor' tersebut tentu menodai sportivitas sepak bola itu sendiri.

Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) awalnya diharapkan bisa membantu wasit mengurangi aksi diving di kotak penalti. Namun nyatanya, teknologi ini tak menyelesaikan masalah.

Aksi diving tetap marak terjadi. Beberapa pemain bahkan sepert berlomba menunjukkan akting terbaiknya.

Baca Juga:

5 Veteran Sepak bola yang Tampil Apik di Rimba Persaingan Premier League

Bukan Menang Beruntung, Mikel Arteta Buka Resep Kalahkan Manchester United

Teranyar Ditekuk Arsenal, Solskjaer Ungkap Alasan Manchester United Belum Menang di Kandang

Mohamed Salah

Satu insiden yang mengundang kontroversi tentu aksi Mohamed Salah pada laga kontra West Ham United, akhir pekan lalu. Gelandang berkebangsaan Mesir itu dituding melakukan diving demi mendapatkan penalti.

Perilaku para pemain untuk menghalalkan segala cara demi mendapat penalti tentu menuai kecaman. Namun hal itu tak membuat mereka kapok.

Namun sebuah pandangan menarik terkait permasalahan ini coba disampaikan mantan gelandang Liverpool, Danny Murphy. Ia justru menuding kurangnya ketegasan wasit sebagai alasan menjamurnya aksi diving.

“Callum Wilson, Harry Kane, Mohamed Salah, mereka semua melakukannya (diving). Ini adalah sesuatu hal yang dilakukan oleh begitu banyak penyerang memanfaatkan kimerja wasit dan aturan yang tidak efisien untuk mendapatkan penalti," kata Murphy kepada talkSport.

“Mereka semua melakukannya, mereka semua curang, mereka semua memanipulasi wasit. Dan itu tidak akan berhenti, karena anda tidak akan mendapatkan penalti jika anda tidak jatuh!"

"Sebenarnya, satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah jika para bek berhenti melakukan tekel bodoh. Anda tidak boleh menerima tekel di dalam kotak penalti," tambahnya.

Murphy menilai para wasit harus lebih jeli lagi dalam menilai sebuah benturan di kotak terlarang. Pemanfaatan teknologi secara maksimal menjadi salah satu caranya.

Selain itu, Murphy juga menilai harus ada regulasi baru yang mengatur perilaku pemain di kotak terlarang. Dibutuhkan sebuah formula yang tepat untuk menimbulkan efek jera untuk mereka yang hobi melakukan diving.

"Mengapa wasit tidak bisa memiliki kecerdasan dan akal sehat untuk melihatnya? Mereka dapat melihat bahwa ada pemain yang terlalu berlebihan saat menjatuhkan diri ke tanah dan jangan berikan penalti!" pungkasnya.

Premier League Wasit Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan