Presiden Jokowi Bubarkan BOPI, Richard Sam Bera Terima Keputusan

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Senin, 30 November 2020
Presiden Jokowi Bubarkan BOPI, Richard Sam Bera Terima Keputusan
Richard Sam Bera. (Istimewa)

BolaSkor.com - Ketua Umum Bada Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Richard Sam Bera, mengungkapkan menerima keputusan pembubaran lembaganya. Namun, Richard berharap pemerintah tetap membina industri olahraga.

Presiden Joko Widodo resmi membubarkan 10 lembaga non-struktural pada Minggu (29/11). Alasan pembubaran tersebut adalah efektivitas dan efisiensi.

"Semoga setelah BOPI bubar, pemerintah tetap membina industri olahraga profesional. Dengan kewenangan yang jelas, apa pun lembaga atau badan itu nantinya," kata Richard.

Baca Juga:

Berlangsung di Masa Pandemi, Equestrian Champions League Berjalan Mulus

Ucapan Bela Sungkawa Rafael Nadal untuk Diego Maradona

"Saat ini indurstri olahraga profesional di Indonesia sedang berkembang pesat. Pemerintah harus tetap hadir menjaga industri tersebut dengan baik meski BOPI dibubarkan."

"Saya mewakili semua pengurus BOPI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu kami menjalankan tugas selama ini. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat," lanjutnya.

BOPI dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 9 Tahun 2015. Badan itu merupakan regulator untuk memastikan seluruh kegiatan olahraga profesional berjalan sesuai hukum.

Terdapat sejumlah tugas dan fungsi yang selama ini dijalankan oleh BOPI. Termasuk di antaranya adalah verifikatur dan mediator dalam sengketa olahraga.

Dalam keterangan resmi yang diterima wartawan, Richard menyatakan pembubaran tersebut adalah kewenangan presiden. Meski demikian, dia berharap ada otoritas yang melanjutkan apa yang telah dibangun BOPI.

Breaking News Joko widodo BOPI
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan