Presiden Jokowi Lepas Kontingen SEA Games 2021 pada 9 Mei

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 08 Mei 2022
Presiden Jokowi Lepas Kontingen SEA Games 2021 pada 9 Mei
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (kanan) dan CdM Indonesia Ferry J Kono (kiri). (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan melepas Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021. Acara tersebut akan digelar di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (9/5).

Setelah dilepas Presiden Jokowi, para atlet Indonesia di SEA Games akan bertolak ke Vietnam dalam dua rombongan besar pada 11 dan 12 Mei 2022. Sebelumnya, 10 cabang olahraga (cabor) sudah berangkat terlebih dulu, di antaranya tim sepak bola, pencak silat, futsal, catur, kickboxing, dan golf.

"Kami sudah mengukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, dan besok Insyaallah akan dilepas resmi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor," kata Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 lebih dahulu dikukuhkan Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, di Hall A Senayan, Jakarta, Minggu (8/5).

Baca Juga:

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dikukuhkan, Para Atlet Pilihan Bangsa

Lepas Timnas Futsal ke SEA Games 2021, CdM Indonesia Beri Pesan Khusus

Acara pengukuhan juga dihadiri Menpora Zainudin Amali. Hadir pula Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono dan Bendahara Umum NOC Indonesia, Tommy Hermawan Lo.

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali menyebut Indonesia hanya mengirimkan para atlet yang berpotensi menorehkan prestasi di SEA Games 2021. Ada pengurangan jumlah atlet secara signifikan dari yang berlaga di SEA Games 2019 Manila.

"Pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games pada yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan Presiden Joko Widodo," ujar Menpora Zainudin Amali.

"Di mana arahan (Presiden Joko Widodo) meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Peraturan Presiden (Perpres) salah satu pembeda antara SEA Games sebelumnya (2019), kira-kira berkurang hampir 50 persen. Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi," tambah Zainudin Amali.

Pada SEA Games 2021, Kontingen Indonesia mengirimkan 499 atlet dari 32 cabang olahraga (cabor). Menpora Zainudin Amali mengatakan, ajang SEA Games 2021 ini harus dijadikan sebagai persiapan menghadapi event yang lebih besar, seperti Asian Games 2022 Hangzhou dan Olimpiade 2024 Paris.

"Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun demikian kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," ujar Menpora Zainudin Amali.

Presiden joko widodo Jokowi Menpora Zainudin Amali SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.303

Bagikan