BolaSkor.com - Langkah PSSI untuk mencalonkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, mendapat restu dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah. Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023)," kata Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Selasa (28/6).

"Hasilnya seperti apa (dilihat nanti), karena Korea (Selatan), Jepang, dan Australia juga mengajukan. Kita mendukung PSSI jika mau jadi tuan rumah," tambahnya.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Melesat di Ranking Terbaru FIFA, Ketum PSSI: Target Saya 150 Besar

Timnas Indonesia Targetkan Uji Coba Lawan Tim Peringkat 100 Besar FIFA

Sebelumnya, China mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, karena merebaknya varian COVID-19 Omicron di Negara Tirai Bambu tersebut. Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC memberikan kesempatan kepada 24 tim peserta untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah. AFC memberikan tenggat waktu hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

Sejauh ini sudah ada beberapa negara yang secara resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, yakni Qatar, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Timnas Indonesia sendiri sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong menduduki posisi dua runner-up terbaik.

Jika dipilih AFC menjadi tuan rumah, sepak bola Indonesia bakal meriah tahun depan. Ada juga Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Adapun Piala Asia 2023 digelar pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023.

Tak hanya itu, kesempatan bagus juga didapat Shin Tae-yong jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu akan maksimal mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 dan Senior di satu negara atau tempat, yakni Indonesia.