BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Kontingen Indonesia bisa masuk peringkat 3 besar di SEA Games 2021, yang berlangsung di Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat melepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5).

Presiden Jokowi berharap ada perbaikan peringkat dari Tim Indonesia setelah di SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina menempati peringkat empat.

"Saya ingat di SEA Games sebelumnya di Singapura pada 2015 kita di peringkat 5, kemudian di Malaysia (2017) juga masih di peringkat 5, dan 2019 di Filipina kita masuk ke peringkat 4. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking ketiga, kedua, atau kesatu," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Lepas Tim Indonesia, Presiden Jokowi Ingin Atlet Raih Prestasi Setinggi-tingginya

CdM Indonesia Harap Para Atlet Termotivasi oleh Arahan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi mengatakan, target tersebut memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil diwujudkan.

"Saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu bisa menetas," ucap Presiden Jokowi.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono, berharap para atlet Indonesia bisa termotivasi oleh target yang diberikan Presiden Jokowi.

"Karena pada SEA Games (2021) ini, arahan dari Bapak Menpora (Zainudin Amali) merupakan sasaran antara menuju Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 sehingga pada (SEA Games 2021) kali ini kita akan mencoba bertahan pada posisi empat besar," ujar Ferry Kono.

"Kita harapkan ini bisa jadi motivasi buat atlet kita, khususnya yang baru akan berangkat mengingat beberapa atlet lainnya sudah mulai bertanding dan kita harapkan semangat baru ini khususnya yang tadi diberikan oleh Bapak Presiden itu bisa menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi lagi sehingga atlet kita bisa berjuang lebih maksimal di SEA Games nanti," ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade (NOC) Indonesia tersebut.

Adapun pada SEA Games 2021, Kontingen Indonesia mengirimkan total 499 atlet. Indonesia ambil bagian dalam 32 cabang olahraga (cabor) dari 40 cabor yang dipertandingkan.