BolaSkor.com - Serie A musim 2020-2021 menjanjikan persaingan yang lebih merata dan seru dibanding musim-musim sebelumnya. Juventus yang sangat dominan selama hampir satu dekade terakhir kini akan mendapat perlawanan sengit dari para rivalnya.

Dalam beberapa musim terakhir, persaingan di Serie A memang cenderung membosankan. Juventus terlalu digdaya atas para rival sehingga relatif mudah memorediksi akhir kompetisi.

Meski begitu, pemandangan berbeda terjadi musim lalu. Juventus yang berganti pelatih dari Massimiliano Allegri ke Maurizio Sarri tidak sedominan sebelumnya.

Baca Juga:

Prediksi Serie A 2020-2021: Juventus Hadapi Kebangkitan Para Rival Tradisional

Virus Corona, Faktor X yang Bisa Pengaruhi Peta Persaingan Musim 2020-2021

Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2020-2021

Hal itu terbukti dengan hasil di klasemen akhir. Juventus hanya unggul satu poin dari peringkat kedua, Inter Milan.

Situasi serupa diprediksi akan kembali terjadi musim ini. Juventus kembali berganti pelatih dari Sarri ke Andrea Pirlo.

Kebangkitan tim-tim tradisional seperti AC Milan, Lazio, AS Roma dan Napoli akan semakin membuat persaingan sulit diprediksi. Belum lagi kejutan dari Atalanta dan tim kuda hitam lainnya.

Berikut prediksi BolaSkor.com mengenai para calon juara dan tim kuda hitam pada Serie A 2020-2021:

Calon Juara

1. Juventus

Juventus

Pelatih: Andrea Pirlo

Pemain Kunci: Cristiano Ronaldo

Stadion: Allianz Stadium

Juventus merupakan unggulan pertama untuk menjuarai juara 2020-2021. Bianconeri punya skuat yang diisi pemain berkualitas dan memiliki mental juara.

Pergantian pelatih dari Maurizio Sarri ke Andrea Pirlo menjadi tantangan baru yang dihadapi Juventus musim ini. Sang juru taktik anyar tak punya pengalaman menangani sebuah tim profesional.

Meski begitu, hal ini juga bisa menjadi senjata baru Juventus. Tidak ada tim yang tahu karakter dan filosofi permainan yang akan diterapkan Pirlo sehingga kekuatan Si Nyonya Tua sulit terdeteksi.

Apalagi skuat Juventus tak terlalu banyak berubah dibanding musim lalu. Pirlo tetap bisa mengandalkan Cristiano Ronaldo yang masih haus gelar.

Kedatangan satu penyerang baru akan menyempurnakan lini depan Juventus. Menarik melihat gaya bermain seperti apa yang akan diterapkan Pirlo.

Ujian bagi Pirlo akan langsung tersaji di sepulouh pekan perdana. Dalam jangka waktu tersebut, Juventus akan menghadapi sejumlah rival kuat dan kuda hitam seperti Napoli, Lazio, dan AS Roma.

Jika mampu melewatinya dengan mulus, langkah Juventus untuk meraih gelar Scudetto kesepuluh secara beruntun akan lebih mudah terwujud.


2. Inter Milan

Inter Milan

Pelatih: Antonio Conte

Pemain Kunci: Romelu Lukaku

Stadion: Giuseppe Meazza

Bertahannya Antonio Conte di kursi pelatih membuat Inter Milan pantas diunggulkan menjadi pesaing utama Juventus. Juru taktik berusia 51 tahun itu tentu akan membenahi kekurangan yang membuat mereka gagal meraih scudetto musim lalu.

Seperti diketahui, Inter tampil perkasa di paruh pertama musim lalu. Namun Romelu Lukaku dan kawan-kawan kemudian sempat menurun sehingga mampu disalip Juventus.

Kegagalan tersebut tak lepas dari kurang meratanya kualitas pemain inti dan cadangan Inter. Hal ini tentu sudah dipahami Conte.

Kedatangan sejumlah pemain baru seperti Achraf Hakimi dan Aleksander Kolarov membuat Inter semakin kuat. Apalagi Conte juga masih mengincar beberapa nama lain seperti N'Golo Kante dan Arturo Vidal.

Jika mampu tampil lebih konsisten dibanding musim lalu, Inter punya peluang besar menghentikan dominasi Juventus di Serie A. Selain itu, Conte juga harus menghindari konflik dengan pemain atau manajemen klub untuk menjaga stabilitas permainan Nerazzurri.


3. Napoli

Napoli

Pelatih: Gennaro Gattuso

Pemain Kunci: Dries Mertens

Stadion: San Paolo

Napoli mungkin hanya finis di peringkat ketujuh pada serie A musim lalu. Namun Il Partenopei pantas diperhitungkan sebagai salah satu kandidat juara di musim 2020-2021.

Performa Napoli memang meningkat drastis sejak ditangani Gennaro Gattuso pada Desember 2019 silam. Ia bahkan mampu mempersembahkan trofi Coppa Italia di akhir musim lalu.

Tak tanggung-tanggung, Napoli mengalahkan Juventus di partai final. Torehan itu tentu mempertebal rasa percaya diri para pemain Napoli menatap musim baru.

Kedatangan sejumlah pemain baru seperti Victor Osimhen akan semakin meningkatkan kekuatan Napoli. Penyerang berusia 21 tahun itu bahkan langsung mencetak hat-trick pada laga debutnya.

Peluang Napoli untuk bersaing dalam perburuan gelar akan semakin terbuka andai mampu mempertahankan sejumlah bintangnya. Saat ini mereka terancam ditinggal Kalidou Koulibaly dan Arkadiusz Milik.


Kuda Hitam

4. AC Milan

AC Milan

Pelatih: Stefano Pioli

Pemain Kunci: Zlatan Ibrahimovic

Stadion: San Siro

AC Milan tengah berada di jalur yang benar untuk bangkit di bawah asuhan Stefano Pioli. Musim 2020-2021 akan menjadi ujian konsistensi Rossoneri untuk kembali disegani di Italia.

Milan asuhan Pioli tampil sangat mengesankan sejak kompetisi bergulir di masa pandemi. Zlatan Ibrahimovic tak terkalahkan di Serie A sehingga mampu mengakhiri musim di posisi keenam.

Performa mengesankan tersebut tentu menambah rasa percaya diri para pemain Milan. Kondisi yang tak jauh berbeda harusnya membuat mereka dapat melanjutkan catatan apik tersebut.

Apalagi Milan sudah mendatangkan sejumlah nama baru di bursa transfer. Kehadiran Sandro Tonali dan Brahim Diaz harusnya membuat kekuatan mereka bertambah secara signifikan.

Bertahannya sosok Ibrahimovic juga bisa menjadi kunci Milan untuk kembali bersaing di zona Liga Champions. Penyerang berkebangsaan Swedia itu memang punya mental juara yang dapat ditularkan kepada rekan setimnya.


5. Atalanta

Atalanta

Pelatih: Gian Piero Gasperini

Pemain Kunci: Papu Gomez

Stadion: Atleti Azzurri d'Italia

Atalanta mulai naik kelas dari tim berstatus kuda hitam menjadi langganan tampil di Liga Champions. Musim lalu, tim asuhan Gian Piero Gasperini itu bahkan mampu finis di peringkat ketiga.

Hal itu menunjukkan bahwa performa Atalanta cukup konsisten. Padahal mereka juga melakoni debut di ajang Liga Champions musim lalu.

Normalnya, tampil di dua kompetisi bergengsi secara bersamaan untuk pertama kali akan membuat Atalanta kesulitan. Namun hal itu nyatanya bisa dilewati dengan gemilang.

Atalanta tampil apik di Serie A dengan merebut predikat sebagai tim tersubur usai mencetak 98 gol. Di ajang Liga Champions, mereka juga mampu melaju hingga babak perempat final.

Pengalaman tersebut tentu akan membuat Atalanta lebih siap musim ini. Apalagi mereka tetap mampu mempertahankan para bintangnya.


6. Lazio

Lazio

Pelatih: Simone Inzaghi

Pemain Kunci: Ciro Immobile

Stadion: Olimpico

Selain AC Milan, Lazio juga berada di jalur yang benar untuk bangkit. Musim lalu, Biancocelesti bahkan sempat bersaing ketat dengan Juventus di puncak klasemen.

Sayang performa Lazio mengalami penurunan di masa pandemi. Hal itu membuat mereka hanya mampu finis di posisi keempat.

Simone Inzaghi selaku pelatih tentu harus memperbaiki kelemahan tersebut. Membeli pemain yang tepat menjadi salah satu caranya.

Apalagi Lazio juga akan tampil di ajang Liga Champions. Jika tak mampu mengantisipasinya dengan baik, performa Lazio justru bisa menurun dibanding musim lalu.

Ketajaman Ciro Immobile tentu sangat dibutuhkan Lazio untuk setidaknya mengulangi prestasi musim lalu. Namun predikat top skorer Serie A dan peraih sepatu emas akan membuat bomber berusia 30 tahun itu dikawal ketat setiap tim lawan.