Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2020-2021

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 06 September 2020
Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2020-2021
Serie A 2020-2021 (Twitter)

BolaSkor.com - Operator Serie A telah merilis kalender lengkap musim 2020-2021. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Italia itu dijadwalkan berlangsung mulai 20 September mendatang hingga 23 Mei tahun depan.

Sama seperti sebelumnya, Serie A 2020-2021 akan tetap diikuti 20 klub. Sebanyak 17 tim merupakan peserta musim lalu sedangkan tiga lainnya berstatus promosi dari Serie B.

Tiga tim promosi yang dimaksud adalah Benevento, Crotone, dan Spezia. Ketiganya menggantikan tempat Brescia, Lecce, SPAL yang harus terdegradasi.

Baca Juga:

Kick Off Serie A 2020-2021 Mundur Sepekan dari Jadwal Semula

Pertama Kali dalam 114 Tahun, Spezia Promosi ke Serie A

Cristiano Ronaldo Masuk Daftar Jual, Juventus Pasang Harga Rp1 Triliun

Sebagai klub promosi, kekuatan ketiga tim ini tentu kurang diperhitungkan. Mereka dianggap bukan tandingan tim-tim tradisional seperti Juventus, Inter Milan, Napoli, hingga AC Milan.

Apalagi ketiga klub promosi ini ternyata minim pengalaman berlaga di Serie A. Spezia bahkan akan berstatus sebagai debutan.

Namun bukan berarti kehadiran tiga klub promosi tersebut tidak penting, Mereka punya peluang untuk membuat kejutan dan menjadi tim kuda hitam.

Meskipun bertahan di Serie A merupakan target realistis bagi tim promosi. Biasanya hal ini sulit dilakukan karena mereka kesulitan beradaptasi dengan level kompetisi yang meningkat.

Sebagai gambaran, Brescia dan Lecce yang musim lalu berstatus sebagai tim promosi langsung terdegradasi kembali ke Serie B. Jika tak bersiap secarta maksimal, bukan tak mungkin ketiga klub pendatang baru ini akan mengalami nasib serupa.

BolaSkor.com telah membuat profil singkat terkait tiga klub promosi Serie A 2020-2021. Berikut ulasannya:

Benevento

Benevento

Kandang: Municipal Stadium Ciro Vigorito

Pelatih: Filippo Inzaghi

Kapten: Christian Maggio

Benevento meraih tiket promosi ke Serie A 2020-2021 dengan sangat meyakinkan. Tim asuhan Filippo Inzaghi itu mengunci gelar juara Serie B saat kompetisi masih tersisa tujuh pekan.

Benevento menyelesaikan kompetisi dengan raihan 86 poin yang merupakan rekor baru di Serie B. Mereka unggul 18 poin dari peringkat kedua yang ditempati Crotone.

Catatan apik itu tentu menjadi modal berharga Benevento untuk bersaing di Serie A. Meskipun musim ini merupakan kali kedua bagi mereka tampil di strata tertinggi kompetisi sepak bola Italia.

Benevento tentu tak mau memori musim 2017-2018 terulang. Kala itu, tim yang bermarkas di Municipal Stadium Ciro Vigorito harus menempati posisi juru kunci pada debutnya di Serie A.

Sosok Inzaghi menjadi tumpuan utama Benevento untuk menghindari catatan buruk tersebut. Pria berusia 47 tahun itu tentu juga termotivasi untuk membuktikan kemampuannya dalam meracik tim tak kalah dengan sang saudara kandung, Simone Inzaghi.

Demi mewujudkan hal tersebut, Benevento perlu memperkuat skuatnya. Tampil dominan di Serie B bukan jaminan hal itu akan terulang di level yang lebih tinggi.

Benevento kabarnya siap membeli sejumlah pemain baru. Salah satu yang paling banyak disebut adalah Justin Kluivert dari AS Roma.

Andai mampu mempertahankan performa seperti musim lalu, Benevento harusnya bisa bertahan di Serie A. Namun mereka harus mewaspadai rekor buruk tim-tim promosi yang harus kembali terdegradasi di musim selanjutnya.


Crotone

Crotone

Kandang: Stadio Ezio Scida

Pelatih: Giovanni Stroppa

Kapten: Alex Cordaz

Crotone menjadi klub promosi kedua yang akan berlaga di Serie A 2020-2021. Musim lalu, mereka finis di peringkat kedua pada klasemen akhir Serie B.

Tak jauh berbeda dengan benevento, Crotone juga termasuk kurang pengalaman tampil di Serie A. Musim 2020-2021 akan menjadi kesempatan ketiga mereka berlaga di kasta tertinggi sepak bola Italia.

Meski begitu, kekuatan Crotone tak bisa diremehkan begitu saja. Lini depan tim yang berdiri tahun 1910 itu cukup bertaji.

Satu pemain yang patut diwaspadai klub-klub rival adalah Simeon Nwankwo atau akrab disapa Simy. Bomber berkebangsaan Nigeria itu merebut gelar top skorer Serie B dengan koleksi 20 gol.

Kekuatan Crotone juga semakin bertambah kuat usai meminjam Lisandro Magallan dari Ajax Amsterdam. Pemain berkebangsaan Argentina itu kemungkinan akan menjadi salah satu andalan di lini pertahanan.


Spezia

Spezia

Kandang: Stadio Alberto Picco

Pelatih: Vincenzo Italiano

Kapten: Claudio Terzi

Spezia menjadi klub terakhir yang memastikan diri promosi ke Serie A 2020-2021. Tampil di kompetisi kasta tertinggi Italia menjadi sejarah baru bagi klub berusia 114 tahun tersebut.

Kepastian Spezia promosi ke Serie A diraih lewat sebuah drama pada final play-off kontra Frosinone. Kedua tim saling mengalahkan dengan skor 1-0 dalam dua pertemuan dengan sistem kandang-tandang.

Namun Spezia berhak promosi karena memiliki peringkat yang lebih tinggi dari sang lawan di musim reguler. Tim asuhan Vincenzo Italiano itu berada di peringkat ketiga sedangkan Frosinone kedelapan.

Meski berstatus debutan di Serie A, Spezia sebenarnya pernah meraih Scudetto. Momen itu terjadi pada musim 1943-1944 ketika Perang Dunia II meledak.

Federasi sepak bola Italia (FIGC) baru mengakui prestasi tersebut pada tahun 2002. Namun nama Spezia tetap tidak disertakan dalam dartar peraih Scudetto resmi.

Sejarah tersebut tentu bisa menjadi motivasi tambahan bagi Spezia. Setidaknya, mereka tidak sekadar numpang lewat dalam debut resminya di Serie A.

Serie a Spezia Crotone Breaking News Trivia Sepak Bola Benevento
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan