BolaSkor.com - Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat sejumlah gebrakan dan terobosan demi menyukseskan ajang ini. Salah satu buktinya tersaji dalam bentuk venue bernama Stadium 974.

Sebagai tuan rumah, Qatar memang berusaha keras untuk menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai edisi terbaik. Sejumlah faktor penghambat seperti cuaca, budaya, hingga masalah lainnya coba diselesaikan dengan maksimal.

Membangun stadion-stadion baru nan modern memang menjadi salah satu langkah yang dilakukan Qatar untuk mewujudkan hal tersebut. Total ada delapan arena yang dipercaya menjadi venue Piala Dunia 2022.

Baca Juga:

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Al-Bayt Stadium, Bermain Bola di Bawah Tenda

Tersiar Isu Santet dan Pelecehan, Timnas Prancis Tetap Fokus Pertahankan Gelar Piala Dunia

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Lusail Stadium, Venue Final dan Terbesar di Qatar

Pada kesempatan kali ini, BolaSkor.com ingin menyajikan profil Stadium 974 yang notabene menjadi venue Piala Dunia 2022. Berikut rangkumannya:

Sejarah, Nama, Kapasitas

Stadium 974 merupakan salah satu stadion baru yang dibangun khusus untuk ajang Piala Dunia 2022. Proses pengerjaannya berlangsung relatif singkat yaitu mulai 2018 hingga diresmikan pada November 2021.

Menariknya, stadion ini merupakan bangunan temporer yang konstruksinya disusun dari kontainer berjumlah 974 buah. Cara ini membuat bahan baku pembangunan menjadi lebih sedikit dibanding stadion-stadion tradisional dan secara otomatis menekan biaya produksi.

Jumlah tersebut juga menjadi alasan stadion ini dinamakan Stadium 974. Meskipun angka tersebut juga merujuk pada kode panggilan internasional Qatar.

Hal ini membuat Stadium 974 layak menyandang venue Piala Dunia 2022 terunik. Apalagi lokasinya terletak di bibir pantai kawasan Ras Abu Aboud, Doha.

Konsep stadion ini dirancang oleh Fenwick Iribarren Architects. Mereka secara tak langsung ingin memberikan penghormatan kepada tradisi lama perdagangan dan pelayaran di Qatar.

Stadion ini memiliki kapasitas 40 ribu penonton. Jumlah tersebut merupakan yang paling sedikit dibandingkan venue Piala Dunia 2022 lainnya.

Desain

Tumpukan kontainer warna-warni akan jelas terlihat di bagian luar 974 Stadium. Hal ini menjadi daya tarik utamanya karena berbeda dengan stadion-stadion kebanyakan.

Sementara di bagian dalam, tidak terlihat sama sekali bangunan ini disusun dari tumpukan kontainer. desain tribun dan lapangannya terlihat modern seperti stadion di Eropa.

Fasilitas

Berbeda dengan venue lain, 974 Stadium tidak menggunakan pendingin ruangan untuk mengantisipasi tingginya suhu saat pertandingan. Sebagai gantinya, stadion ini akan mengandalkan teknologi pendingin alami dengan memanfaatkan angin dari teluk Arab.

Setelah Piala Dunia 2022 berakhir, stadion ini akan dibongkar lagi. Kontainer-kontainer yang menjadi rangka bangunan nantinya akan disulap menjadi bangunan pusat bisnis di wilayah tepi laut untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar di Stadium 974

22 November 2022: Meksiko vs Polandia (Grup C)
24 November 2022: Portugal vs Ghana (Grup H)
26 November 2022: Prancis vs Denmark (Grup D)
28 November 2022: Brasil vs Swiss (Grup G)
30 November 2022: Polandia vs Argentina (Grup C)
2 Desember 2022: Serbia vs Swiss (Grup C)
5 Desember 2022: Juara Grup G vs Runner up Grup H (Babak 16 besar)