BolaSkor.com - Pada edisi kali ini, stadion Piala Eropa 2020 yang akan dibahas adalah Arena Nationala. Stadion tersebut terletak di ibu kota Romania, Bukares.

Bukares terkenal sebagai tempat Ilie Nastase belajar tenis dan Konstantin Brancusi belajar seni sebelum pindah ke Paris. Tak heran, Bukares dikenal sebagai Micul Paris yang berarti Paris Kecil (Little Paris) pada 1918 hingga 1947 sebelum perubahan besar pada era komunis.

Selain itu, Bukares juga terkenal memiliki Palatul Parlamentului atau Istana Parlemen yang megah. Ada juga lapangan revolusi yang menjadi saksi bisu pertempuran pada abad ke-20.

Baca juga:

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpico dan Kota Abadi

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpik di Kota Angin Baku

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Parken, Gelanggang Terbesar di Denmark

Arena Nationala

Satu di antara yang tak kalah mentereng yang ada di Bukares adalah Arena Nationala. Stadion tersebut merupakan markas dari klub Liga 1 FCSB dan Dinamo Bucuresti. Arena Nationala juga pernah menggelar dua konser Michael Jackson.

Sejarah Stadion

Arena Nationala adalah stadion sepak bola dengan atap yang bisa terbuka. Stadion itu dibuka pada 2011, tepat di lokasi Stadionul National yang lama sebelum dihancurkan pada 2007.

Dengan 55.634 kursi, Arena Nationala adalah stadion terbesar di Rumania. Stadion itu dirancang oleh Gerkan Marg and Partners dan dibangun perusahaan asal Jerman, Max Bogl, dan perusahaan asal Italia, Astaldi.

Arena Nationala mulai dibangun setelah stadion yang lama rata dengan tanah. Pemindahan kursi secara simbolis dilakukan pada 21 November 2007, usai Romania menang 6-1 kontra Albania pada kualifikasi Piala Eropa 2008.

Pada saat fase pembangunan, terdapat sejumlah kontroversi yang mencuat soal biaya dan molornya proses pembangunan. Wali kota Bukares, Sorin Oprescu, mengklaim pembangunan stadion terlambat 20 pekan dari jadwal awal pada Mei 2009. Selain itu, atap yang bisa terbuka memakan biaya tambahan hingga 20 juta euro.

Momen Bersejarah

Rencananya, pembukaan stadion akan dilakukan pada 10 Agustus 2011 dengan menampilkan laga Romania kontra Argentina pada 10 Agustur 2011. Namun, Argentina memilih membatalkan setelah sang manajer, Sergio Batista, meninggalkan tim.

Oleh karena itu, peresmian Arena Nationala baru dilakukan pada 6 September 2011 atau tepat pada laga kualifikasi Piala Eropa 2012 Grup D antara Romania melawan Prancis. Laga yang berakhir dengan skor 0-0 itu dihadiri 49.137 penonton.

Satu di antara momen bersejarah di Arena Nationala terjadi pada final Liga Europa 2012 yang mempertemukan Atletico Madrid mealwan Athletic Bilbao. Duel tersebut membuat Arena Nationala disesaki 52.347 orang. Jumlah itu menjadi kedua terbanyak setelah duel kualifikasi Piala Dunia 2014 antara Romania melawan Belanda yang menghadirkan 53.329 penonton.

Jadwal Piala Eropa di Arena Nationala

Bukares

Austria vs Makedonia Utara (13 Juni)
Ukraina vs Makedonia Utara (17 Juni)
Ukraina vs Austria (21 Juni)
Babak 16 Besar: 1F vs 3A / B / C (28 Juni)