Profil Tim Liga 1 2022/2023: Borneo FC Samarinda

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 21 Juli 2022
Profil Tim Liga 1 2022/2023: Borneo FC Samarinda
Borneo FC Samarinda. (Piala Presiden 2022)

BolaSkor.com - Borneo FC Samarinda lahir pada 7 Maret 2014. Pengusaha muda Nabil Husein Said Amin menjadi inisiator lahirnya tim dengan julukan Pesut Etam ini. Sebelum menjadi presiden klub, Nabil menjabat sebagai koordinator Pusamania wilayah Malaysia. Pusamania adalah sebutan untuk pendukung klub asal Samarinda, yakni Persisam Putra Samarinda.

Borneo FC muncul dengan nama Pusamania Borneo FC (PBFC). Klub ini lahir setelah Persisam Putra Samarinda berpindah tangan dan hijrah ke Bali, serta berganti nama menjadi Bali United. Walaupun klub baru, PBFC bisa langsung berkompetisi di Divisi Utama (sekarang Liga 2). Sebab mereka mengakuisisi klub asal Madura, Perseba Super Bangkalan.

Seperti halnya awal kemunculan klub asal Inggris, FC United of Manchester, PBFC lahir karena ketidakpuasan suporter terhadap klub yang mereka cintai, yakni Persisam Putra Samarinda yang nir prestasi dan diboyong ke Pulau Dewata. Nabil sebagai salah satu dedengkot suporter pun berinisiatif untuk membentuk klub sendiri di bawah bendera PT Nahusam Pratama Indonesia.

PBFC langsung menggebrak di Divisi Utama 2014. Mereka menjadi juara setelah menaklukkan Pewrsiwa Wamena dengan skor 2-1 pada partai final. Tak sekadar promosi, mereka sekaligus naik kasta ke kompetisi strata tertinggi Liga Indonesia. Sayang, pada saat itu kompetisi di Indonesia vakum. Sepanjang 2015, mereka beserta klub-klub lain di Indonesia, hanya melakoni serangkaian turnamen.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Persis Solo

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Dewa United FC

Pesut Etam meraih gelar juara keduanya pada 2016. Mereka berhasil menjadi raja di Kalimantan Timur setelah menjuarai Piala Gubernur Kaltim 2016. Mereka menundukkan Madura United dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh Ponaryo Astaman. Untuk menguatkan fondasi klub, mereka juga membikin sebuah akademi. Akademi ini menampung pemain mulai dari usia dini hingga U-21.

Seiring dengan perubahan nama kompetisi dari Indonesia Super League (ISL) menjadi Liga 1, PBFC pun berubah nama. Manajemen klub memutuskan untuk menanggalkan nama Pusamania. Dengan demikian, klub yang bermarkas di Stadion Segiri ini berubah nama menjadi Borneo FC. Dan lewat Kongres PSSI 2022 di Bandung pada 30 Mei lalu, nama Borneo FC resmi berubah menjadi Borneo FC Samarinda.

Pada Liga 1 2017, Borneo FC Samarinda finis di peringkat kedelapan. Di musim berikutnya, posisi mereka menjadi lebih baik, yairu di posisi ketujuh.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Bali United

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Bhayangkara FC

Borneo FC Samarinda kembali menempati peringkat ketujuh pada musim 2019 di bawah asuhan pelatih asal Argentina, Roberto Carlos Mario Gomez.

Lalu pada musim 2020 kompetisi harus dihentikan akibat pandemi COVID-19. Saat Liga kembali dimulai pada 2021, Borneo FC kembali menasbihkan diri sebagai tim kuda hitam setelah bercokol di posisi keenam, di atas PSIS Semarang dan Persija Jakarta.

Ilham Udin mengamankan bola dari rebutan Hendro Siswanto. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

Kini memasuki musim 2022/2023, Borneo FC mengusung semangat baru dengan nama Borneo FC Samarinda. Membawa nama daerah di belakang tentu akan membuat pemain lebih termotivasi.

Selain itu keberadaan sosok Milomir Seslija di kursi pelatih serta masuknya pemain berlabel tim nasional seperti Stefano Lilipaly membuat tim kebanggaan masyarakat Samarinda ini diprediksi akan kembali jadi pesaing serius untuk tim-tim di papan atas.

Pemain Keluar:

Francisco Torres > Al Nasr (Kuwait League)

Marckho Meraudje > PSS Sleman

Gianluca Pandeynuwu > Persis Solo

Safrudin Tahar > PSM Makassar

Boaz Solossa > PSS Sleman

Andika Kurniawan > Semen Padang

Wawan Febrianto > PSIS Semarang

Paulo Sitanggang > Persita Tangerang

Serdy Ephyfano > PSIM Yogyakarta

Rifal Lastori > PSIM Yogyakarta

Ilhamsyah > Bekasi City

Faturrahman > Tanpa Klub

Ahmad Surahman > Tanpa Klub

Pemain Masuk

Stefano Lilipaly > Bali United

Ahmad Nur Hardianto > Persita Tangerang

Agung Prasetyo > Persita Tangerang

Diego Michiels > Arema FC

Misbakus Solikin > PSS Sleman

Dwi Kuswanto > Persela Lamongan

Shahar Ginanjar > Dewa United FC

Taufany Muslihuddin > Mitra Kukar

Ucok Ahya > Persipa Pati

Andy Harjito > Persiku Kudus

Matheus Pato > Tanpa Klub

Irsan Lestaluhu > Persipura Jayapura

Andika Kurniawan > Persiraja Banda Aceh

Arya Gerryan > Persiraja Banda Aceh

Skuat Borneo FC Samarinda:

Kiper: Angga Saputro, Shahar Ginanjar, Dwi Kuswanto, Pualam Bahari, Zulfikri

Bek: Javlon Guseynov, Agung Prasetyo, Nurdiansyah, Wildansyah, M. Ilham, Wiranto, Indra Mustafa, Leo Guntara, Irsan Lestaluhu, Alvin Derro Duaramuri, Ucok Ahya, M. Rifad Marasabessy, Diego Michiels, Mifathul Ikhsan, Fajar Fathur Rahman

Gelandang: Hendro Siswanto, Komang Teguh, Wahyudi Hamisi, Kei Hirose, Misbakus Solikin, Sultan Samma, Jonathan Bustos, Taufany Muslihuddin, Andy Harjito

Penyerang: M Sihran, Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Arya Gerryan, Matheus Pato, Ahmad Nur Hardianto, Rabbani Tasnim, Yuda Editya Pratama

Pemain Kunci:

Stefano Lilipaly dua kali merebut gelar juara Liga 1 bersama Bali United (2019 dan 2021). Pengalaman itu tentu bisa ditularkan ke rekan-rekannya di Borneo FC Samarinda.

Lilipaly juga kerap jadi pemecah kebuntuan bahkan sumber gol alternatif. Musim lalu dia mencetak enam gol dari 30 penampilan bersama Bali United.

Prediksi di Liga 1 2022/2023:

Borneo FC Samarinda diprediksi tetap mempertahankan statusnya sebagai tim kuda hitam di Liga 1. Satu tempat di papan tengah rasanya akan jadi milik tim ini.

(Laporan Kontributor Arjuna Pratama)

Borneo FC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan