BolaSkor.com - MotoGP 2020 tinggal menunggu hitungan pekan. Tim-tim yang akan menurunkan para pembalap pada ajang tersebut sudah bersiap, termasuk dua yang tidak terlalu diperhitungkan,Suzuki Ecstar dan Reale Avintia.

Suzuki kerap diremehkan pada gelaran MotoGP, tidak terkecuali pada edisi 2020. Mesin GSX-RR milik mereka dianggap tidak mampu bersaing dengan Desmosedici (Ducati), RC213V (Honda), maupun YZR-M1 (Yamaha).

Meski demikian, Suzuki mampu menghadirkan kejutan pada MotoGP 2019 silam. Pembalap andalan mereka, Alex Rins, mampu menyodok ke peringkat keempat klasemen akhir.

Baca Juga:

Ada Rasa Sesal di Benak Jorge Lorenzo saat Meninggalkan Yamaha

Ingin Pertahankan Gelar, Marc Marquez Sadar Pesaing di MotoGP Berkembang

Alex Rins hanya kalah dari Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales yang di atas kertas memiliki motor lebih baik. Pembalap asal Spanyol itu tiga kali masuk podium, dengan dua kali menang (GP Amerika dan GP Inggris Raya), serta peringkat kedua di GP Spanyol.

Berbekal hal tersebut, Suzuki mengembangkan motor GSX-RR untuk Alex Rins agar bisa lebih bersaing. Selain menghadirkan mesin baru, pabrikan asal Jepang tersebut juga memiliki solusi elektronik.

“Kami mengembangkan spek mesin baru di sesi uji coba Valencia dan Jerez. Selama musim dingin kami bekerja untuk bagian sasis serta bagian elektronik,” kata manajer Suzuki, Ken Kawauchi.

Selain Alex Rins, Suzuki Ecstar memiliki pembalap lain yaitu Joan Mir. Seperti Rins, Mir juga pembalap asal Spanyol. Sayangnya prestasi terbaik Rins pada MotoGP 2019 hanyalah menempati peringkat kelima pada MotoGP Australia.